Vaksin polio/Antara
Health

Ini Gejala Penyakit Polio yang Harus Diketahui

Widya Islamiati
Kamis, 18 Agustus 2022 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Polio adalah penyakit yang pernah menyebabkan ribuan orang terkena lumpuh. Seperti penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya, cara pencegahan terbaiknya sebelum menyebar adalah dengan melakukan vaksinasi.

Karena sama seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus dan tidak punyai obat khusus, demikian juga polio yang disebabkan oleh virus polio dan tidak ada obat untuk penyakit ini. Di sebagian belahan dunia polio pernah menjadi wabah yang menakutkan.

Berikut ini gejala polio yang perlu diketahui, berdasarkan myclavelandclinic dan newyorktimes.

Apa itu polio?

Penyakit polio atau poliomyelitis adalah penyakit yang menyebabkan gejala ringan, namun pada beberapa kasus dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian. Polio dapat menyerang siapapun selama belum mendapatkan vaksin polio, namun lebih banyak menyerang bayi juga anak dibawah umur.

Apa saja gejala polio?

Gejala yang dirasakan oleh orang terjangkit penyakit polio tergantung pada jenisnya. Berikut gejala-gejala polio:

●      Gejala poliomielitis abortif

Gejala yang dirasakan oleh orang terkena penyakit poliomielitis abortif meliputi kelelahan, demam, sakit kepala, muntah, diare ataupun sembelit juga sakit tenggorokan. Gejala ini biasanya muncul setelah tiga hingga tujuh hari terinfeksi virus.

●      Gejala poliomielitis non paralatik

Pada polio jenis ini, awalnya orang yang terinfeksi akan merasakan gejala-gejala  poliomielitis abortif, lalu dalam beberapa hari merasakan gejala tambahan seperti leher kaku, rasa sakit seperti dituduk jarum di lengan dan kaki, sakit kepada yang parah juga sensitivitas terhadap cahaya.

●      Gejala poliomielitis paralatik

Orang yang terkena penyakit polio jenis ini akan merasakan gejala-gejala poliomielitis abortif ataupun poliomielitis non paralatik, lalu pada beberapa hari kemudian akan mendapat tambahan gejala seperti sensitivitas terhadap sentuhan, juga kejang otot.

Jenis polio ini juga dapat sebabkan lumpuh lengan dan kaki, pada jenis poliomielitis tulang belakang. Lalu jenis poliomielitis bulbar dapat sebabkan kesulitan berbafas, menelan, juga berbicara.Terakhir, poliomielitis bulbospinal yang sebabkan gejala polio spinal dan bulbar.

●      Gejala polioensefalitis

Gejala pada jenis polio ini mirip dengan gejala flue, seperti kelelahan yang ekstrem, kecemasan, masalah kefokusan hingga kejang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro