Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siapa Sosok Medusa yang Viral Menjadi Tren TikTok?

Medusa memiliki paras cantik dan berambut indah seketika menjelma menjadi monster perempuan berambut ular berbisa.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  18:21 WIB
Siapa Sosok Medusa yang Viral Menjadi Tren TikTok?
Medusa menjadi viral di Tiktok.ilustrasi dari Film Medusa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sosok Medusa kini tengah jadi buah bibir usai foto sang wanita berambut ular tersebut kerap muncul di beberapa postingan di TikTok. Banyak orang lantas bertanya-tanya apa maksud tren dan siapa sebenarnya sosok Medusa tersebut? 

Bagi sebagian orang, sosok Medusa mungkin sudah tidaklah terlalu asing. Medusa adalah makhluk mitologi Yunani yang terkenal karena paras cantiknya.

Selain mahsyur karena parasnya, Medusa juga dikenal sebagai makhluk penjaga dan pelindung. Dirinya memiliki kekuatan untuk mengutuk siapa saja menjadi batu apabila mereka menatap mata Medusa.

Secara lebih lanjut, dalam mitologi Yunani medusa merupakan anak dari dewa laut kuno Forkis dan adiknya Keto. Mulanya, Medusa gorgon adalah sosok wanita yang cantik dan anggun. Namun, kehadiran Poseidon seketika mengubah semua garis nasib Medusa.

Saking indahnya paras sang Medusa, kecantikannya kerap kali dibandingan dengan kecantikan Dewi Athena. Kabar tersebut juga sampai ke telinga Poseidon yang merupakan dewa laut Yunani. 

Namun ditengah ramainya pria yang mendatanginya itu, Medusa justru bersumpah dihadapan Dewi Athena untuk menggadis sepanjang hidupnya dan memilih menjadi pendeta di kuil sang dewi. Namun keteguhan Medusa untuk menjadi pendeta dan memilih untuk tetap menjaga kesuciannya tersebut justru semakin memantik rasa penasaran Poseidon. 

Dilansir dari World History Edu, suatu ketika Medusa mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan dari Poseidon yang kedapatan melecehkannya di kuil suci milik Dewi Athena. Kejadian tersebut lantas diketahui Dewi Athena dan membuatnya sangat marah.

Athena tak mampu mengutuk Poseidon lantaran mereka sama sama masuk ke dalam bagian dewa Olympian. Terlebih lagi, Poseidon merupakan paman dari Athena. Sehingga, sang dewi memutuskan untuk melimpahkan semua kekesalannya dengan mengutuk Medusa menjadi monster yang mengerikan.

Medusa yang mulanya memiliki paras cantik dan berambut indah seketika menjelma menjadi monster wanita berambut ular berbisa. Bahkan, mimpi buruk medusa tidaklah berakhir sampai disitu. Sebuah sayembara mengemukakan bahwa siapa saja yang mampu memenggal kepala Medusa maka kekuatannya akan diakui.

Banyak prajurit yang berlomba-lomba mengincar Medusa, namun dibutuhkan keberanian dan keuletan karena kekuatan medusa yang mampu mengutuk siapa saja menjadi sebongkah batu. Hidup medusa lantas gugur ditangan seorang pahlawan Yunani Perseus yang juga merupakan putra dari Zeus.

Perburuan yang dilakukan Perseus terhadap Medusa ternyata tak dilakukan sendirian. Perseus banyak mendapatkan bantuan dari para dewa Olympian. Sebut saja Hermes seorang utusan dewa Yunani dan pelindung para pelancong yang membekalinya sepasang sendal bersayap emas.

Lalu Perseus juga mendapatkan bekal dari Dewi Athena berupa perisai ajaib semacam cermin. Hephaestus dan Hades juga kedapatan memberikannya bekal berupa pedang yang kuat dan helm tembus pandang. Dengan segala perbekalan yang dimilikinya tersebut dirinya lantas memiliki keberanian dosis tinggi untuk melawan Medusa.

Atas dasar hal tersebutlah tren Medusa kemudian memberuak di platform berbagi video TikTok. Kehadiran Medusa dalam tren TikTok itu untuk merepresentasikan korban-korban pelecehan yang menggalang keadilan layaknya perjuangan sang Medusa pada kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film TikTok perempuan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top