Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mempercantik Ruangan dengan Teknik Laminasi

Teknik laminasi furniture adalah cara mempercantik ruangan dengan modal yang tidak terlalu besar.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 September 2022  |  20:06 WIB
Mempercantik Ruangan dengan Teknik Laminasi
Teknik laminasi untuk mempercantik ruangan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mempunyai tempat kerja yang nyaman dan indah adalah impian setiap karyawan dikarenakan karyawan menghabiskan waktu mereka sebanyak 8 jam dalam seharinya.

Untuk itu, diperlukan ruangan yang nyaman dan indah untuk menunjang kinerja produktivitas mereka dalam suatu pekerjaan di setiap harinya.

Untuk mempercantik ruangan Anda, dalam dunia desain interior, dikenal yang namanya istilah laminasi atau finishing. Ini merupakan salah satu item yang sangat penting untuk mewujudkan hunian idaman.

Jika Anda baru mengenal dunia interior, wajar jika Anda bertanya-tanya apa itu laminasi. Jadi, laminasi adalah lapisan finishing yang paling umum digunakan untuk pilihan MDF, kayu lapis, papan partikel, furnitur kayu, panel dinding dan lantai.

Pada dasarnya, dilansir dari Livspace, bahan buatan komposit, mereka dibuat dengan menekan bersama-sama lapisan tipis kertas datar dan resin. Lapisan atas sering dicetak dengan pola atau warna dekoratif.

Bagaimana Memilih Laminasi?

Dengan lebih dari 700 permutasi dan kombinasi, tidak mudah untuk memilih laminasi. Kami mendengar Anda, tetapi jangan takut! Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam proses seleksi:

Anda dapat menggunakan dua warna solid untuk menciptakan kombinasi yang menyenangkan. Tapi terlalu banyak pop adalah waktu untuk berhenti!

Jika Anda telah memilih laminasi warna pop untuk lemari Anda, gunakan laminasi nada yang lebih terang di meja dan area dado.
Untuk unit dasar Anda, pilih warna solid yang lebih gelap karena area laminasi ini sering digunakan, dan lebih mudah kotor.

Jenis-jenis jaminasi furniture

Laminasi dekoratif

Jenis laminasi ini memiliki daya tarik estetika yang lebih besar dalam hal finishing dan pola laminasi. Anda juga dapat menggunakan laminasi dekoratif untuk melakukan pelapisan hias pada furnitur. Dan ada begitu banyak untuk dipilih juga! Lihatlah beberapa laminasi dekoratif yang populer.

Laminasi industri

Jenis laminasi ini memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan lebih tahan terhadap keausan. Dengan demikian, mereka termasuk yang berkinerja tinggi yang tahan api, antibakteri dan tahan bahan kimia untuk aplikasi di rumah sakit dan industri lainnya.

Laminasi kompak

Juga dikenal sebagai papan laminasi, jenis laminasi ini cukup tebal. Itu sebabnya papan ini biasanya mandiri, dan Anda tidak perlu merekatkannya ke bahan lain.

Laminasi pasca-bentuk

Versi laminasi fleksibel ini lebih tipis dari laminasi biasa. Anda dapat menggunakannya untuk membungkus tabel, kolom, dll.

Laminasi bertekanan tinggi dan bertekanan rendah

Hanya berbeda pada tekanan yang digunakan bahan laminasi pada substrat, HPL biasanya digunakan dengan kayu lapis sedangkan LPL digunakan dengan MDF.

Sales Director STARTHA GROUP, Anne Valery Janias, salah satu produsen produk laminasi mengatakan para pegiat dan pemerhati laminasi/finishing ini harus selalu bisa menawarkan terobosan dan tren terbaru kepada para konsumen, baik dari sisi desain maupun material.

Dia memaparkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih laminasi. Seperti warna, motif dan tekstur. Kertasive sendiri, katanya, memiliki beragam warna, motif dan tekstur untuk memenuhi berbagai konsep perancangan interior sehingga dapat memberikan nilai estetik pada setiap project. 

"Kertasive hadir dengan 8 pilihan kategori pattern, yakni Wood Series, Marble Series, Solid Series, Linen Series, Steel Series, Leather Series, Concrete Series dan Terrazo Series. Untuk Kertasive S Series, konsumen kini bisa memilih Wood Series, Marble Series dan Solid Series. Sementara untuk PVC interior edging, Kertasive hadir di semua Wood Series, Solid Series dan Linen Series. Dalam proses pengerjaan laminasinya pun konsumen cukup menggunakan peralatan seperti cutter/gunting, penggaris dan hair dryer untuk melapisi furnitur idaman secara sempurna," paparnya.

Dia mengatakan penggunaan laminasi sangatlah luas, salah satunya dapat digunakan untuk perancangan tata ruang seperti hotel, perumahan, mal, retail, rumah sakit dan semua tempat yang dapat menunjang area interior.

Pembeli juga harus memilih produk PVC interior film dan PVC interior edging yang memiliki kelenturan dan fleksibilitas tinggi sehingga dapat digunakan pada permukaan datar maupun melengkung seperti meja, lemari, panel untuk dinding, nakas maupun furnitur lainnya.

"Tak hanya itu, sebagai material finishing yang sudah dibekali dengan lapisan perekat, sehingga dapat digunakan langsung untuk melapisi beragam media, menjadikan Kertasive sangat baik digunakan pada media plywood, MDF, HMR, particle board hingga material berbahan  logam," paparnya.

“Pemilihan warna yang didominasi warna nude yang memperlengkap keindahan ruangan didukung dengan desain minimalis,” tambah Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

furniture Desain Interior tips
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top