Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hati-hati, Ini Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Ini dia penyebab penyakit gagal ginjal pada usia muda yang harus diwaspadai dan dihindari semua kalangan.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  20:24 WIB
Hati-hati, Ini Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda
Ginjal - thekidneysolution.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dan menghasilkan urin. Dalam setiap tubuh manusia ada dua ginjal yang berbentuk kacang dan seukuran kepalan tangan.

Ginjal juga bekerja untuk mencegah anemia, dengan serta menghasilkan hormon penting untuk mencegah penyakit kekurangan sel darah merah ini. Fungsi ginjal yang lain juga mengontrol kadar mineral seperti natrium,kalium, fosfor dalam tubuh. Salah satu penyakit yang bisa terjadi di organ ini adalah gagal ginjal.

Penyakit gagal ginjal adalah kondisi dimana satu atau kedua ginjal tidak dapat lagi berfungsi dengan baik. Terkadang, gagal ginjal bersifat sementara dan muncul dengan cepat. Namun di lain waktu, gagal ginjal juga dapat menjadi kondisi kronis yang akan memburuk secara perlahan dalam waktu yang lama

Penyakit ini bisa diderita oleh semua umur, tidak terkecuali kalangan muda bahkan anak-anak. Dilansir dari web NIDDK, penyakit gagal ginjal pada usia muda disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Cacat Lahir

Penyakit gagal ginjal dapat diderita oleh bayi baru lahir. Hal ini disebabkan karena adanya masalah yang berkembang sejak bayi dalam kandungan ibu.

Kondisi-kondisi gagal ginjal pada bayi ada tiga, pertama agenesis ginjal, kondisi anak yang lahir dengan ginjal satu. Lalu dysplasia ginjal, kondisi anak yang lahir dengan dua ginjal namun hanya berfungsi salah satu ginjal dan terakhir ginjal ektopik, kondisi anak yang lahir dengan ginjal yang terletak di bawah, di atas, atau sisi yang berlawanan dari letak ginjal pada biasanya.

2. Sindrom Nefrotik

Kumpulan gejala yang menunjukkan kerusakan ginjal atau sindrom nefrofik juga menjadi salah satu sebab mengapa anak muda bisa menderita gagal ginjal. Gejala-gejal sindrom nefrofik adalah sebagi berikut:

  • Albumiria, kondisi ketika urin seseorang memiliki kadar albumin yang meningkat. Albumin adalah protein yang biasa ditemukan dalam darah
  • Hiperlipidemia, kondisi ketika lemak dan kolesterol dalam darah yang lebih tinggi dari seharusnya
  • Edema, kondisi ketika terjadi pembengkakan yang umumnya terjadi di kaki, tungkai, pergelangan kaki.
  • Hipoaluminemia, kondisi ketika kadar albumin dalam darah rendah

Gejala-gejala ini disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Penyakit perubahan minimal atau glomerulopati perubahan minimal.
  • Glomerulosklerosis segmental fokal.
  • Glomerulonefritis membranoproliferative

3. Penyakit Keturunan

Penyakit ginjal juga dapat diturunkan oleh orang tua kepada anaknya melalui gen. Orang yang memiliki orang tua dengan riwayat penyakit gagal ginjal lebih beresiko menderita penyakit yang sama daripada orang yang tidak punyai orang tua dengan riwayat penyakit ini, meskipun usianya tergolong masih muda.

4. Penyakit Sistemik

Penyakit sistemik dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gagal ginjal, meskipun masih berusia muda. Penyakit sistemik yang dimasuk seperti nefritis lupus dan diabetes

5. Trauma

Trauma dapat menyebabkan gagal ginjal akut. Hal itu terjadi karena trauma menyebabkan tekanan darah sangat rendah sehingga aliran darah ke ginjalpun menurun, kondisi ini dapat memicu terjadinya gagal ginjal akut.

6. Refluks Urin

Penyumbatan urin antara ginjal dan uretra yang menyebabkan kembalinya urin ke ginjal akan sebabkan kerusakan. Kerusakan ini bisa picu gagal ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gagal ginjal Gejala Penyakit ginjal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top