Wajah Bung Karno dan Bung Hatta terpampang dalam uang kertas pecahan Rp100.000./Bloomberg-Brent Lewin
Relationship

Tips Menyimpan Uang Kertas di Rumah Agar Tidak Dimakan Rayap

Widya Islamiati
Rabu, 14 September 2022 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan video seseorang yang mengalami nasib kurang baik. Dia adalah Samin, uang puluhan juta yang disimpannya selama 2,5 tahun rusak dimakan rayap.

Warganet kemudian menyarankan untuk menyimpan uang tabungan di bank, supaya bebas dari ancaman rayap, seperti yang dialami Samin.

Rayap adalah serangga pemakan kayu yang juga bersarang di dalam kayu. Rayap gemar memakan perabotan rumah ataupun kerangka rumah yang terbuat dari kayu. Rayap tidak suka tinggal di tempat yang terlalu dingin, namun tidak suka juga tinggal di tempat yang terlalu panas.

Jadi bagaimana cara menyimpan uang tabungan tanpa takut dimakan rayap? Berikut ini tips menyimpan uang tanpa takut dimakan rayap!

Simpan di tempat yang kering

Selain rayap, sebenarnya risiko lain dari menyimpan uang di rumah adalah jamur. Uang yang disimpan di tempat lembab akan rentan dihinggapi jamur. Ini tentu akan merusak uang yang disimpan.

Menyimpan uang di brankas

Menyimpan uang di brankas lebih aman dibandingkan menyimpan uang di lemari kayu. Hal ini dikarenakan brankas yang terbuat dari besi tidak akan bisa digigit oleh rayap.

Selain itu, lemari kayu umumnya hanya menggunakan pengamanan atau kunci yang tradisional, sedangkan brankas menggunakan kunci kombinasi angka tertentu. Maka menyimpan uang di brankas relatif lebih aman dari pencurian.

Letak penyimpanan brankaspun disarankan tidak di tempat yang umum dan terbuka. Hal ini ditujukan agar orang yang berniat tidak baik tidak akan mudah menemukan brankas.

Jika menyimpan uang di rumah, jangan terlalu lama

Menyimpan uang di rumah, disarankan untuk di cek secara berkala. Supaya bisa mengetahui apakah uang masih dalam keadaan baik. Jangan sampai terlalu lama seperti yang dilakukan oleh Samin, yang menyimpan uang selama 2,5 tahun.

Menyimpan uang di bank

Bank adalah cara terbaik untuk menyimpan tabungan. Mengapa? Karena salah satu fungsi bank adalah untuk menyimpan uang. Lalu uang di bank juga dicatat dengan baik, tidak akan dimakan rayap serta bisa menyimpan uang dengan jumlah yang banyak.

Selain itu, menyimpan uang di bank juga bebas dari risiko pencurian seperti saat menyimpan uang di rumah, baik di lemari ataupun di brankas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro