Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh./Medical News Today
Health

13 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Ileny Rizky
Selasa, 4 Oktober 2022 - 07:30
Bagikan

Turunkan Berat Badan, Menyeimbangkan Gula Darah, Menyehatkan Ginjal dan Jantung

7.  Menurunkan berat badan

Menariknya, ternyata bawang putih dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan bawang putih mampu mengurangi ekspresi gen yang bertanggung jawab untuk pembentukan sel adiposa yang menyimpan lemak. 

Selain itu, bahan dapur yang digemari oleh masyarakat Indonesia ini mampu meningkatkan thermogenesis dalam tubuh, membakar lebih banyak lemak, hingga menurunkan LDL (kolesterol jahat).

8. Menyehatkan pencernaan

Mengonsumsi bawang putih mentah diyakini dapat membantu membersihkan cacing usus, menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

9. Menyeimbangkan gula darah

Penderita diabetes disarankan dapat mengonsumsi bawang putih mentah untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

10. Meningkatkan performa atletik

Sebuah studi mengungkapkan bahwa  dengan mengonsumsi bawang putih itu dapat membantu meningkatkan kinerja ketika sedang olahraga. 

Orang yang memiliki penyakit jantung dan jika rutin mengkonsumsi bawang putih selama 6 minggu, maka itu dapat membantu menurunkan setidaknya 12 persen pada detak jantung mereka dan membuat kapasitas olahraga yang lebih baik.

11. Mengatasi kekurangan estrogen

Bawang putih memiliki khasiat yang efektif dalam mengatasi kekurangan estrogen pada seorang wanita yang mengalami masa menopause.

12.  Meningkatkan kesehatan ginjal

Jus bawang putih segar berkhasiat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri E. Coli penyebab infeksi saluran kemih (ISK). Bawang putih mampu membantu mencegah infeksi ginjal.

Bawang putih dapat mengurangi infeksi pada luka, meningkatkan pertumbuhan rambut, kesehatan tulang dan kesehatan hati. Sebagian besar pengobatan efektif jika bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tanpa diolah.

13. Mencegah penyumbatan jantung

Bawang putih juga dipercaya dapat membantu mengurangi kelengketan trombosit dalam darah. Trombosit ini bertanggung jawab untuk pembekuan darah. 

Dengan mengkonsumsi bawang putih dalam dosis yang tepat, diyakini mampu mengurangi efek pembekuan trombosit yang berlebihan pada darah. Dengan begitu, bawang putih membantu mencegah pembekuan darah yang tidak perlu di dalam arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro