Pekerja mengecat dinding bangunan bertingkat di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Relationship

Tips Memilih dan Mengaplikasikan Cat Rumah

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 1 November 2022 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengecat rumah, merupakan salah satu penting dalam membuat dan renovasi rumah.

Mengecat juga bagian dari keindahan interior rumah secara keseluruhan.

Biasanya, Anda menyewa jasa tukang cat untuk mengecat rumah Anda, berikut tips dan trik khusus buat Anda yang ingin mengecat rumah.

1. Tunggu Cuaca Kering

Kelembaban berarti menetes dan pengeringan lambat, jadi hindari mengecat di hari hujan. Jika Anda harus mengecat saat cuaca lembap, pakai cat yang cepat mengering untuk memperbaiki kesalahan Anda sebelum melanjutkan ke lapisan berikutnya. 

2. Lakukan Pemeriksaan dan Persiapan Visual yang Menyeluruh

Area yang retak, terkelupas, atau terkelupas perlu diampelas ringan atau dikikis (kemudian dibilas secara menyeluruh) sebelum menerapkan primer dan cat baru karena berat lapisan baru akan menarik cat lama lepas.

3. Beli Kuas, Penutup Rol, dan Pita Pelukis Berkualitas Tinggi

Kuas dan penutup rol yang baik memangkas waktu dan cost Anda dalam membeli cat.

4. Lindungi Apa pun yang Anda Tidak Ingin Dicat

Tutupi lantai, furnitur, dan perangkat keras sebelum Anda memulai proyek pengecatan. Kain lap adalah suatu keharusan dan kantong plastik sandwich kecil yang diamankan dengan selotip adalah cara mudah untuk melindungi gagang pintu.

5. Gunakan Primer

Kombinasi cat-dan-primer akan memberikan permukaan tembok yang bersih dan halus. 

6. Pilih cat yang tepat

Mintalah penjual cat untuk membantu Anda dengan perkiraan yang realistis tentang berapa banyak cat yang benar-benar Anda perlukan sehingga Anda dapat membelinya sekaligus. Kemudian, pilih jenis cat yang tepat, semisal untuk di dalam ruangan, pakailah cat khusus dalam ruangan, begitu juga untuk outdoor.

7. Pilih tukang cat berpengalaman

Ini paling penting. Mengecat kelihatannya mudah tapi sangat tricky. Pilihlah mereka yang berpengalaman sehingga hasilnya memuaskan dan tidak membutuhkan waktu lama.

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan memilih tukang cat berpengalaman ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

"Seperti berdasarkan teknik pengecatan, hasil pengecatan, pemilihan warna, hingga kreatifitas pola," ujarnya.

Sementara itu, Raffi Ahmad menambahkan bahwa sebagai Home Owner yang juga sering melakukan repainting dan membangun rumah, tukang atau mandor yang bertugas melakukan pengecatan pada area dinding akan sangat mempengaruhi kualitas hasil akhir rumah tersebut.

Selain itu, pengetahuan akan pemilihan produk dan cara pengaplikasian yang tepat dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai permasalahan pengecatan.

Untuk mencari tukang cat dan mandor berpengalaman, Mark mengatakan Nippon Paint mendukung kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) dengan mengadakan kompetisi Tukang Cat Bagus Indonesia.

Program ini, merupakan pencarian tukang terbagus yang nantinya akan mendapatkan pelatihan sistem pengecatan dari Nippon Paint agar dapat meningkatkan kompetensi dan meningkatkan daya saing para pekerja itu sendiri di bidang konstruksi.

Bekerjasama dengan Pengusaha sekaligus Public Figure Raffi Ahmad, program yang sudah diluncurkan sejak 12 September 2022 lalu, sudah diikuti oleh 600 Tukang dan Mandor di seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri dalam kompetisi ini. Setelah tahap submission, nantinya akan ada 6 Finalis yang maju pada babak selanjutnya dan mengikuti sesi pelatihan sebagai aplikator cat dengan Nippon Paint Indonesia.

“Tukang dan Mandor menjadi salah satu mitra yang hingga 53 Tahun mendukung keberadaan Nippon Paint di Indonesia, untuk itu kami berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi para pekerja dengan menghadirkan berbagai produk dan layanan terbaik hingga memberikan pelatihan secara berkala,” ujar Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia.

Menurutnya, pelatihan pada Tukang dan Mandor ini penting untuk dilakukan karena selain meningkatkan kompetensi, dan daya saing, hal ini juga erat kaitaannya dengan kualitas konstruksi bangunan yang akan mereka kerjakan nantinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro