Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 15 Arti Warna di Logo Perusahaan dan Branding Bisnis 

Warna dalam logo dan brand perusahaan memiliki makna tersirat yang mencerminkan kepribadian perusahaan.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 07 November 2022  |  05:56 WIB
Ini 15 Arti Warna di Logo Perusahaan dan Branding Bisnis 
Makna dan arti warna dalam logo dan brand perusahaan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi pelaku bisnis, pemilihan warna dalam logo brand menjadi penting untuk diperhatikan. Sebab, warna dapat membantu konsumen untuk mengategorikan produk dan layanan dari sebuah brand.

Hal mendasar yang harus dilakukan sebelum memilih skema warna untuk brand maupun logo perusahaan adalah dengan memikirkan pesan apa yang paling ingin disampaikan oleh perusahaan Anda.

Biasanya warna mencerminkan kepribadian perusahaan Anda. Warna juga memberikan pengaruh positif terhadap psikologi, emosional, dan cara manusia bertindak.

Simak 15 arti warna yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Putih

Putih menggambarkan kesucian, kemurnian, kesederhanaan, kemurnian,  dan kesempurnaan. Warna putih sering digunakan oleh desainer untuk menyampaikan estetik minimalis dan bersih dengan kualitas modern.

Apple merupakan salah satu contoh perusahaan yang mengaplikasikan warna ini. Apple mereprentasikan putih sebagai kesederhanaan dari produk mereka secara bentuk dan fungsi. 

2. Hitam

Hitam menyimbolkan keseriusan, kekuatan, kemewahan, kecanggihan dan eksklusif di satu sisi.  Selain itu, warna ini digunakan untuk menyatakan kekuasaan, ketegasan dan kesan klasik.

arti warna hitam putih pada logo perusahaan

3. Merah

Merah merupakan simbol untuk menyampaikan kegembiraan, gairah, dan kemarahan. Warna ini dapat langsung menarik perhatian dan membuat brand Anda menonjol di keramaian.

Merah telah terbukti menjadi warna yang dapat merangsang nafsu makan. Hal ini menyebabkan banyak restoran yang menggunakan warna ini.

4. Cokelat

Warna cokelat menunjukkan keserderhanaan, perasaan alami menyeluruh, ketertiban, kuat, dan tahan lama. Cokelat memberi kesan merek yang tenang dan bersahaja. Oleh karena itu, warna ini sangat bagus untuk perusahaan yang menjual produk dengan bahan dasar cokelat alami.

Tak heran jika warna ini sering digunakan oleh perusahan kecantikan, minuman dan makanan untuk menampilkan kesan alami.

5. Kuning

Kuning memberikan arti sebuah keceriaan, keramahan, dan kesenangan. Selain itu, kuning juga bisa diasosiasikan dengan kejernihan mental dan kepintaran.

Tak hanya itu, kuning juga yang digunakan untuk menyampaikan sebuah peringatan. Misalnya, kuning digunakan pada jaket keselamatan, pita pengaman polisi, dan papan area berbahaya.

Beberapa perusahaan menganggap kuning sebagai warna untuk menyampaikan keoptimisan, misalnya seperti McDonald's yang dirancang untuk menarik para wisatawan saat dalam perjalanan.

6. Ungu

Warna ini menyimbolkan tentang spiritualitas, keagungan, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, dan kekuatan mental.

Ungu menjadi warna yang mampu memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan. Bagi sebagian besar perusahaan, ungu merupakan pilihan yang sempurna jika Anda ingin menggambarkan merek yang imajinatif atau kreatif seperti Yahoo.

Adapun brand lainnya seperti Cadbury menggunakan warna ungu untuk menyampaikan pesan kemewahan dan kreativitas secara bersamaan.

arti warna ungu purple dalam logo dan brand perusahaan

7. Abu-abu

Dikenal dengan warna netral, abu-abu menyimbolkan sesuatu yang tenang, klasik, serius, misterius atau dewasa.

Apple merupakan contoh brand yang mengaplikasikan wana ini pada logo produknya. Selain itu, Apple menerapkan warna ini di situs webnya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat citra brand mereka yang elegan dan terkesan eksklusif juga inovatif.

8. Pink

Warna pink atau merah muda merupakan warna yang identik dengan perempuan. Dalam psikologi warna,  pink menyimbolkan seputar feminitas, cinta tanpa syarat, dan mungkin kesan tidak dewasa alias kekanak-kanakan.

Warna ini populer digunakan dalam logo yang berkaitan dengan kecantikan. Salah satu  perusahaan yang menggunakan warna pink adalah Barbie.

9. Oranye

Warna oranye ini mengartikan tentang jiwa petualang, kreativitas, rasa antusias, keseimbangan dan kesuksesan.

Adapun perusahaan yang menggunakan orange adalah Nickelodeon dan Fanta. Keduanya menghadirkan keceriaan dan kreativitas. 

10. Hijau

Hijau dalam psikologi menyimbolkan alam dan uang, namun bisa juga diartikan sebagai suatu kesuburan, pertumbuhan, kesehatan, herbal dan kerendahan hati.

Beberapa contoh logo perusahaan dan bisnis terkenal yang menggunakan hijau sebagai warna dominannya adalah Grab, Gojek, Starbucks, dan bisnis-bisnis di bidang agrikultur, perkebunan serta energi alam.

11. Biru

Warna biru pada logo dan brand perusahaan sering dikaitkan dengan kesehatan, ketenangan, penyembuhan, kelembutan, dan pengertian. 

Umumnya warna biru digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kebersihan, keuangan, kesehatan, penerbangan, air, minuman dan laut. Warna biru juga dikaitkan dengan kecerdasan, ketelitian dalam hal teknologi.

arti warna biru dalam logo dan brand perusahaan

 12. Nila atau indigo

Warna-warna nila atau indigo ini dipercaya dapat meningkatkan intuisi, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta membersihkan tubuh. 

Arti warna logo berdasarkan warna indigo ini masih sangat jarang diterapkan dalam aplikasi sehari-hari kecuali oleh beberapa perusahaan marketing kelas atas karena kekhawatiran akan beban warna ini pada brand mereka.

13. Emas

Dalam psikologi warna, emas sangat terkait dengan kekayaan, kesuksesan, dan pengetahuan. Logo emas menyimbolkan tentang prestise dan status tinggi.

Desain logo emas yang terkenal digunakan oleh Rolex, Versace, dan Lamborghini. Melihat merek-merek itu, Anda akan segera melihat mana kelompok sasaran mereka. Ini semua tentang status dan kelas tinggi.

14. Silver

Warna silver hampir memiliki kesamaan dengan warna emas. Warna silver melambangkan harta, kekayaan, glamor, canggih, harmonis. 

Contoh perusahaan yang menggunakan warna silver didominasi oleh perusahaan mobil ternama dunia seperti Lexus, Infinity, Peugeot, Mercedes Benz.

15. Benhur

Biru benhur yang merupakan gabungan antara warna biru primer dengan hitam ini memiliki kesan mewah dan cerah jika dikenakan. Terlebih mengingat sejarah dari warna biru benhur yang berasal dari kerajaan.

Karena menurut psikologi warna, biru memiliki arti kepercayaan, dan dianggap sebagai warna yang indah, banyak orang tertarik untuk mengenakan warna tersebut sebagai busana, logo, desain dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perusahaan logo perusahaan brand warna korporasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top