Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa itu Integritas? Ini Tujuan, Manfaat, Sikap, dan Contohnya 

Karyawan yang bertindak dengan integritas akan selalu bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Simak penjelasan lengkapnya tentang integritas.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 23 November 2022  |  20:53 WIB
Apa itu Integritas? Ini Tujuan, Manfaat, Sikap, dan Contohnya 
Integritas Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Integritas adalah salah satu bentuk kualitas terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas adalah suatu konsep yang berkaitan dengan perilaku, metode, nilai, prinsip, harapan, sarana dan keterpaduan berbagai hasil. Orang yang memiliki integritas berarti memiliki kepribadian yang jujur dan kuat. 

Dilansir dari laman Pusat Edukasi Anti Korupsi oleh KPK, integritas merupakan bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan tingkah lakunya sesuai nilai-nilai yang dianut (nilai-nilai bisa berasal dari nilai kode etik di tempat ia bekerja, nilai masyarakat atau nilai moral pribadi). 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang integritas yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Manfaat integritas

  • Manfaat integritas secara fisik bisa menjadikan seseorang sehat dan bugar. Dalam keadaan ini, seseorang bisa memulai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari dengan baik.
  • Manfaat integritas secara emosional bisa mengisi seseorang dengan rasa solidaritas yang tinggi dalam memotivasi, empati dan interaksi kerja.
  • Manfaat integritas secara mental membuat seseorang menjadi lebih cerdas dalam mengartikan sesuatu, termasuk pengalaman hidup sebagai keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialami.
  • Manfaat integritas secara sosial adalah kemampuan untuk mengembangkan hubungan antara individu dan masyarakat.
  • Manfaat integrasi secara intelektual bisa mengoptimalkan kinerja kerja otak agar lebih berfikir strategis dalam mengambil keputusan atas banyak pertimbangan.

2. Tujuan integritas

Integritas menjadikan manusia bisa memimpin dan dipimpin. 
Integritas bisa melahirkan prestasi. 
Integritas membuat lahirnya kepercayaan. 
Integritas merupakan salah satu kunci  untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan.

3. Sikap integritas

Datang tepat waktu 
Sikap ini berkaitan dengan komitmen dan waktu kita yang tinggi, karena datang tepat waktu berarti menghargai waktu yang kita miliki dan waktu yang dimiliki orang lain. 

Memenuhi tanggung jawab yang diberikan 
Orang yang sangat berintegritas selalu berusaha memenuhi tanggung jawab mereka. Selain itu, mereka berusaha keras untuk mencapai hasil terbaik tanpa meminta tanggung jawab orang lain. 

Jangan biarkan stress mengendalikan integritas 
Stress dan tekanan sering membuat orang merasa canggung dan mengambil jalan pintas dengan merusak integritas mereka. Seperti, mantan karyawan suatu perusahaan adalah orang yang sangat tulus. Namun karena situasi yang membuat pekerjaannya sulit dan hampir putus asa, ia melakukan sesuatu yang melanggar hukum. 

Jika ia melakukan pelanggaran yang merusak bisnis, ia secara tidak langsung menghancurkan integritasnya. Jadi stress yang memicu kita untuk mengambil nafas dalam-dalam dan melakukan yang terbaik. 

Memperjelas Tindakan dan catatan yang ditulis di akhir setiap pertemuan
Penting untuk mengklarifikasi. Tujuannya adalah agar apa yang kita pahami dan catatan konsisten dengan apa yang dipikirkan orang lain dalam rapat. salah satu alasan utama banyak hal yang sering diabaikan dalam rapat adalah karena tidak ada yang siap untuk mengatur semuanya baik itu poin penting atau kesepakatan akhir rapat. 

4. Ciri-ciri integritas

Orang yang memiliki integritas bertindak transparan dan konsisten. 
Orang yang berintegritas memiliki sikap jujur dan bisa dipercaya. 
Orang yang memiliki integritas bertanggung jawab atas hasil kerja. 
Orang berintegritas memiliki sikap objektif. 
Orang berintegritas menjaga martabat dan tidak melakukan hal tercela. 
Contoh integritas 
Adi melewatkan deadline untuk proyek penting karena dua anggota tim nya tidak memberikan pekerjaan yang diharapkan. Tidak menyalahkan anggota tim nya, Adi mengambil tanggung jawab terhadap keterlambatan tersebut dengan memastikan untuk melakukan perbaikan terhadap proses kerja dan pelatihan anggota tim nya agar mencegah peristiwa yang sama terulang kembali. 
Ketika Clara melakukan review pekerjaan dengan Adi yang bekerja di bawahnya langsung, Adi menyampaikan bahwa ia merasa kesulitan mengelola beban kerjanya karena harus menghadiri beberapa rapat dalam sehari. Clara pun melakukan review atas aktivitas rapat dan memberlakukan aturan baru dalam tim untuk membatasi waktu rapat maksimal 30 menit dalam sehari. Ia juga harus mengatur fungsionalitas chat group untuk memungkinkan komunitas antar tim lebih cepat dan mudah. 
Itulah beberapa hal tentang integritas yang mungkin kamu belum tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

integritas gaya hidup Tips Kerja pekerjaan Tips kehidupan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top