Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa itu Anxiety? Ini Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

Anxiety adalah gangguan kecemasan yang bisa dialami siapa saja. Berikut ini penjelasan lengkap seputar gangguan kesehatan mental ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 27 November 2022  |  09:02 WIB
Apa itu Anxiety? Ini Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya
Definisi Anxiety, Penyebab, Ciri/ciri, dan Cara Mengatasinya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anxiety atau rasa cemas sebenarnya perasaan normal yang bisa dialami setiap manusia. Perasaan tersebut menjadi tidak normal, apabila rasa khawatir yang muncul berlebihan hingga sulit dikendalikan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar gangguan anxiety. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Anxiety?

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasakan cemas berlebih. Rasa cemas berlebih inilah yang membuat seseorang sulit mengendalikan diri dan seringkali membuat yang bersangkutan menjadi tidak fokus.

Penyebab Anxiety Disorder

Anxiety adalah hal normal yang dialami saat terjadi situasi yang menyebabkan takut atau khawatir. Akan tetapi, rasa cemas berlebih inilah yang menjadi masalah atau gangguan pada kesehatan mental.

Gangguan mental ini tidak muncul begitu saja. Dilansir dari situs Hellosehat, penyakit anxiety bisa dipicu oleh faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang memiliki orang tua atau keluarga dekat yang mengalami anxiety disorder, maka yang bersangkutan memiliki risiko tinggi mengalami gangguan tersebut.

Selain faktor keturunan, rasa trauma di masa lalu dan stres jangka panjang juga bisa menyebabkan gangguan kecemasan. Hal lain yang juga bisa memicu anxiety disorder yaitu kondisi medis tertentu.

Ciri-Ciri Anxiety Disorder

Gejala anxiety disorder bisa muncul kapan saja dan dapat mengganggu aktivitas hingga hubungan sosial penderitanya. Berdasarkan penjelasan di situs Halodoc, berikut beberapa ciri-ciri anxiety disorder yang perlu diwaspadai.

  1. Memiliki rasa gelisah dan terluka.
  2. Mudah lelah.
  3. Sulit berkonsentrasi.
  4. Mudah tersinggung.
  5. Mengalami rasa sakit kepala, nyeri otot, sakit perut, hingga nyeri yang tidak bisa diterangkan.
  6. Sulit mengendalikan rasa khawatir.
  7. Mengalami gangguan tidur, seperti sulit tidur atau tidur terlalu lama.

Apabila Anda mengalami gejala yang sudah disebutkan, jangan ragu untuk mencari pertolongan medis agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cara Mengatasi Anxiety Disorder

Gangguan mental anxiety bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan stres. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anxiety disorder. Dilansir dari Halodoc, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Rutin olahraga

Olahraga ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi anxiety. Olahraga bisa meningkatkan suasana hati dan membuat tubuh lebih sehat. Dengan demikian, harapannya rasa cemas berlebih bisa berangsung berkurang.

2. Menghindari alkohol dan obat rekreasional

Alkohol dan obat-obatan rekreasional ternyata bisa menyebabkan atau memperburuk rasa cemas. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan obat rekreasional agar rasa cemas berlebih bisa hilang.

3. Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi kafein

Nikotin dan kafein bisa membuat anxiety semakin buruk. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi kafein agar penyakit anxiety tidak semakin parah.

4. Lakukan relaksasi

Saat stres datang, lakukanlah relaksasi dengan berbagai cara, misalnya dengan cara yoga atau meditasi. Aktivitas ini membuat Anda lebih tenang dan tidak cemas.

5. Perbaiki kualitas tidur

Tidur yang cukup dan maksimal juga menjadi salah satu cara mengatasi anxiety tanpa obat-obatan. Selain berguna meredakan cemas berlebih, tidur yang berkualitas juga membuat tubuh lebih sehat.

6. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur, buah, biji-bijian, dan ikan secara seimbang membuat rasa anxiety bisa berkurang. Selain itu, konsumsi makanan berimbang juga membuat tubuh lebih sehat.

Itulah penjelasan seputar anxiety disorder yang perlu diketahui. Jika Anda merasa memiliki kecemasan berlebih, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anxiety cemas tips gaya hidup gaya hidup kesehatan mental trauma
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top