Ilustrasi menyetir/
Travel

Tips Liburan Natal dan Tahun Baru yang Aman dan Nyaman

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Desember 2022 - 09:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan natal dan tahun baru 2023 sudah di depan mata.

Pasti, banyak dari Anda yang sudah mempersiapkan mudik untuk liburan bersama keluarga.

Sebelum liburan, ada baiknya mempersiapkannya dengan matang agar perjalanan lebih aman dan nyaman dan hati senang.

Berikut beberapa tips agar liburan natal dan tahun baru Anda menjadi lebih aman dan menyenangkan dilansir dari safewise.

1. Pastikan rumah Anda aman saat ditinggalkan

Jika Anda memiliki sistem keamanan yang dipasang di rumah Anda, pastikan berfungsi dengan baik termasuk semua alarm, detektor gerakan, kamera, dan peralatan pemantauan lainnya.

Matikan seluruh listrik dan bagian-bagian rumah yang berisiko buruk seperti bisa menimbulkan kebakaran dan lainnya.

2. Servis mobil Anda

Masalah mobil adalah masalah umum bagi para pelancong selama liburan. 

Bersikaplah proaktif untuk menghindari bahaya seperti ban pecah. Bawa mobil Anda untuk pemeriksaan dan perawatan yang diperlukan, persiapkan perlengkapan darurat mobil dengan kebutuhan seperti safety cone, carjack, senter dan kabel jumper. Termasuk kebutuhan pertolongan pertama dan tambahan seperti selimut agar tetap hangat jika Anda kedinginan.

3. Mengemudi yang aman

Pastikan Anda tahu cara menavigasi jalan yang licin, basah, atau licin dengan aman. Berikut adalah beberapa tips dasar yang perlu diingat:

  • Hindari mengemudi sampai jalan telah dibajak dan diampelas.
  • Beri diri Anda waktu ekstra untuk sampai ke tempat tujuan agar tidak terburu-buru dalam kondisi yang kurang optimal.
  • Kurangi kecepatan sesuai kebutuhan.
  • Beri diri Anda banyak ruang di belakang kendaraan lain sehingga Anda dapat berhenti dengan aman di jalan yang licin.

4. Sering-seringlah berhenti untuk istirahat.

Tantangan mengemudi selama perjalanan liburan dapat membuat Anda lebih lelah. Sering-seringlah berhenti untuk beristirahat atau sekadar meregangkan kaki. Penting untuk menjaga tingkat energi Anda cukup tinggi agar tetap waspada di jalan. Berhenti bahkan beberapa menit setiap beberapa jam dapat melakukan keajaiban untuk menjaga energi Anda tetap tinggi.

5. Membawa ponsel dan charger.

Anda tidak pernah tahu kapan atau di mana masalah mobil mungkin muncul di kepala mereka yang buruk. Ponsel memungkinkan Anda meminta bantuan, mendapatkan derek, atau mengatur transportasi alternatif jika Anda mengalami masalah.

Tapi itu tidak akan ada gunanya jika baterai mati. Pastikan Anda mengambil pengisi daya ponsel sebelum meninggalkan rumah. Pengisi daya dinding bagus saat Anda berhenti, tetapi pengisi daya mobil lebih baik saat Anda sedang dalam perjalanan.

6. Tetap terhidrasi

Dehidrasi mungkin tidak termasuk dalam daftar bahaya keselamatan perjalanan liburan Anda, tetapi tidak memiliki cukup air selama perjalanan panjang bisa berarti kelelahan atau penurunan kewaspadaan — dan itu berbahaya di jalan. Siapkan beberapa botol air, dan minumlah sesering mungkin agar Anda tetap terhidrasi selama perjalanan.

7. Sering-seringlah mencuci tangan

Mencuci tangan yang benar tidak hanya untuk masa pandemi. Liburan juga terasa di tengah musim flu. Menjaga kebersihan tangan Anda sangat penting terutama jika Anda sedang terbang atau naik kereta atau bus. Semua yang Anda sentuh telah disentuh oleh orang lain, termasuk sandaran tangan dan pegangan pintu.

Bersihkan tangan Anda sesering mungkin dengan sabun dan air atau gel atau tisu antibakteri — dan demi kecintaan pada isian buatan Bibi Betty, jauhkan tangan itu dari wajah Anda!

8. Berikan salinan rencana perjalanan kepada seseorang yang dekat dengan Anda.

Sebelum berangkat, berikan salinan rencana perjalanan Anda dan semua informasi kontak yang diperlukan kepada kerabat atau teman. Dengan cara ini akan mudah menghubungi Anda jika terjadi keadaan darurat, baik Anda sedang dalam perjalanan keluar atau pulang ke rumah.

Juga, tinggalkan fotokopi paspor, kartu kredit, dan jenis identifikasi lainnya kepada orang ini jika terjadi sesuatu dengan aslinya dan Anda memerlukan fotokopi. Ini juga pintar untuk menyimpan satu set fotokopi terpisah di bagasi Anda.

Sementara itu, Kepala Divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi PT Jasa Raharja, Radito Risangadi mengatakan keselamatan dan pencegahan kecelakaan lalu lintas terutama saat perjalanan liburan sangat penting.

Hal ini, sebagai implementasi Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk itu, Jasa Raharja memberikan rekomendasi dan solusi dalam penerapan program-program pencegahan kecelakaan lalu lintas dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama seluruh stakeholder dan masyarakat dengan tema “Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas sebagai Implementasi Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Jasa Raharja tidak ingin berhenti hanya sampai pada penyerahan santunan saja. Peningkatan keselamatan lalu lintas serta pencegahan kecelakaan juga menjadi concern dari Jasa Raharja. Berbagai hal dilakukan, mulai dari pengadaan sarana pencegahan kecelakaan, pemeriksaan kesehatan pada awak angkutan umum, hingga melakukan program-program safety campaign,” terang Radito.

Radito juga menyampaikan, Jasa Raharja dalam mendorong upaya keselamatan dan pencegahan kecelakaan lalu lintas juga bekerja sama dengan pentahelix stakeholders yaitu Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, komunitas dan media.

“Selain itu, Jasa Raharja juga secara aktif terlibat dalam forum keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yang ada di seluruh Indonesia,” tambah Radito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro