Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga/Freepik.com
Health

Tanda-tanda Tubuh Kurang Bergerak, Anda Merasakannya?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 Desember 2022 - 12:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir semua riset kesehatan menyebutkan tubuh yang kurang bergerak bisa berbahaya untuk kesehatan jangka panjang.

Bahkan, kebanyakan duduk bisa membuat orang mudah terkena penyakit mematikan seperti kardiovaskular.

Karena itu, sangat penting memastikan tubuh Anda bergerak rutin agar tetap sehat. Lantas bagaimana tanda-tanda tubuh kurang bergerak? Berikut daftarnya dilansir dari Webmd

1. Sembelit

Saat Anda bergerak lebih banyak, usus besar Anda bergerak lebih banyak, dan lebih mudah buang air besar sesuai jadwal. Tonus otot yang sehat di perut dan diafragma Anda juga merupakan kunci untuk memindahkan limbah melalui saluran pencernaan Anda. Olahraga yang konsisten dapat membantu Anda tetap teratur, terutama seiring bertambahnya usia.

2. Sendi Kaku

Sendi yang sakit dan sulit digerakkan terkadang bisa menjadi tanda kondisi peradangan seperti radang sendi atau penyakit autoimun. Tetapi persendian juga bisa menjadi kaku saat Anda tidak cukup menggunakannya. Buat mereka bekerja agar tidak terkunci dan menyebabkan Anda sakit.

3. Selalu Kehabisan Nafas

Sama seperti bisep yang menjadi lebih lemah saat Anda tidak menggunakannya, otot yang membantu paru-paru bergerak masuk dan keluar saat Anda bernapas akan kehilangan kekuatan jika Anda tidak melatihnya secara teratur. Semakin sedikit aktivitas yang Anda lakukan, semakin terengah-engah, bahkan selama tugas sehari-hari yang mudah.

4. Murung

Kurangnya gerakan lebih menyakitkan daripada kesehatan fisik Anda. Itu juga dapat meningkatkan perasaan cemas dan depresi. Dapatkan darah Anda memompa secara teratur. Latihan kardio seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau berlari, akan meningkatkan dan menstabilkan mood Anda, bahkan meningkatkan harga diri Anda.

5. Selalu lemas

Merasa lesu dan lelah sebagian besar waktu? Olahraga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan duduk, mereka tidak mendapatkan jumlah bahan bakar yang sama dengan yang mereka butuhkan untuk membuat Anda terus maju.

6. Metabolisme Lebih Lambat

Orang dengan metabolisme "cepat" mungkin hanya bergerak lebih banyak -- bahkan jika gerakan itu gelisah. Semakin aktif Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar setiap kali Anda bergerak.

7. Sulit tidur

Jika Anda lelah menghitung domba di malam hari, bangunlah dan bergeraklah di siang hari. Ketika Anda menjaga rutinitas olahraga teratur, Anda tertidur lebih cepat, dan Anda tidur lebih nyenyak setelah Anda tertidur.

8. Mudah lupa

Olahraga teratur memberi tahu tubuh Anda untuk membuat lebih banyak bahan kimia yang disebut faktor pertumbuhan. Mereka meningkatkan produksi pembuluh darah di otak Anda. Semakin banyak darah yang masuk ke otak Anda, semakin baik Anda dapat berpikir, mengingat, dan membuat keputusan.

9. Tekanan Darah Naik

Menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan duduk meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu sebagian karena Anda cenderung memiliki tekanan darah tinggi, faktor risiko besar untuk masalah jantung seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung.

10. Prediabetes

Ketika aktivitas fisik menjadi bagian rutin dari hidup Anda, tubuh Anda lebih mudah menjaga glukosa darah tetap terkendali. Kadar gula darah yang stabil membuat Anda keluar dari zona bahaya diabetes tipe 2.

11. Punggung Sakit

Ketika otot inti Anda lemah karena kurang digunakan, mereka tidak dapat menopang punggung Anda sebagaimana mestinya. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengubah otot punggung Anda selama gerakan sehari-hari seperti berdiri atau meraih. Pilates, yoga, dan latihan lain yang menggunakan peregangan bagus untuk membangun punggung yang lebih kuat.

12. Sering lapar

Sepertinya Anda akan lebih sering lapar jika berolahraga lebih banyak, tetapi biasanya yang terjadi justru sebaliknya. Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang, jalan kaki, dan lari ternyata bisa menurunkan nafsu makan karena mengubah kadar “hormon lapar” tertentu di tubuh Anda.

13. Sering sakit

Studi menunjukkan semakin banyak aktivitas moderat yang Anda lakukan, semakin rendah kemungkinan Anda terkena flu atau kuman lainnya. Ketika Anda menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, sistem kekebalan Anda menjadi lebih kuat.

14. Kulit kusam

Jika kulit Anda terlihat lebih kusam dari biasanya, mungkin penyebabnya adalah kurangnya gerakan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan Anda, yang membantu kulit Anda tetap awet muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro