Ilustrasi/Codyapp
Health

Makan atau Olahraga Dulu, Mana yang Benar?

Ileny Rizky
Rabu, 21 Desember 2022 - 23:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA– Salah satu perdebatan yang sering terjadi di kalangan masyarakat adalah apakah makan sebelum olahraga sehat untuk dilakukan, atau justru sebaliknya? Simak penjelasan lengkapnya dari para ahli berikut.

Dilansir dari Healthline pada Rabu (21/12/2022) Penelitian telah menunjukkan bahwa respons tubuh manusia terhadap olahraga dapat berbeda berdasarkan dari apakah tubuh sudah mengonsumsi makan sebelum berolahraga atau tidak.

Sementara itu, beberapa hasil studi lainnya menyebut bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya protein sebelum dan sesudah berolahraga sangat penting untuk kinerja, pertumbuhan otot, dan pemulihan yang optimal.

Dilansir dari Eatthis.com, memberikan tahu kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan baik itu setelah ataupun sebelum melakukan olahraga, akan sangat bergantung pada jenis, intensitas, dan durasi olahraga yang akan dilakukan.

American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan bahwa aktivitas olahraga sedang yang memakan waktu  hingga satu jam, membutuhkan 5 hingga 7 gram asupan karbohidrat per kilogram berat badan setiap hari.

Sementara itu, dalam latihan intensitas tinggi, tubuh membutuhkan sebanyak 6 hingga 10 gram per kilogram berat badan setiap hari.  Bagi seorang atlet ketahanan ataupun seseorang yang sangat aktif melakukan olahraga, mereka mungkin akan membutuhkan sekitar 8 hingga 12 gram karbohidrat per kilogram di setiap harinya.

Makan sebelum olahraga

Jika Anda akan melakukan olahraga aerobik seperti berlari, berenang, bersepeda, atau mendayung, mengonsumsi karbohidrat dan protein berkualitas tinggi sebelum olahraga dapat membantu Anda tampil lebih lama daripada saat perut kosong.

Meskipun demikian, sebagai catatan, tubuh perlu dibiarkan terlebih dahulu untuk mencerna makanan setidaknya 30 hingga 60 menit sebelum berolahraga.

"Jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang memerlukan usaha ekstra seperti angkat berat, sebaiknya tunggu sekitar dua jam setelah makan sebelum memutuskan berolahraga, ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja tubuh Anda," sebut Pelatih Gym Bersertifikasi ACE, Rachel MacPherson, mengutip Eatthis.com.

"Kemudian untuk olahraga yang lebih ringan, Anda bisa makan satu jam sebelumnya, selama itu bukan makanan besar atau tinggi lemak," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro