Pohon kelapa hijau
Health

Ini Dia 7 Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 28 Desember 2022 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kelapa hijau dipercaya bisa mengobati beragam penyakit.

Masyarakat Indonesia mempercayai kelapa hijau bisa untuk obat mulai dari demam, kolesterol hingga hipertensi.

Jadi benarkah kelapa hijau itu baik untuk keehatan? .

Selain manis alami dan menghidrasi, air kelapa sarat dengan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang banyak orang tidak cukup.

Berikut adalah 7 manfaat kesehatan dari air kelapa dilansir dari Healthline.

1. Sumber nutrisi yang baik

Kelapa tumbuh di iklim tropis pada pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera, dan secara botanis dianggap sebagai buah.

Air kelapa adalah cairan yang terdapat di tengah kelapa muda yang masih hijau. Ini membantu menyehatkan buah. Saat kelapa matang, yang memakan waktu sekitar 10–12 bulan, sebagian cairan tetap ada sedangkan sisanya matang menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa (1).

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meski juga ditemukan pada buah yang matang. Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar 1/2–1 cangkir air kelapa.

Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Jangan disamakan dengan santan yang dibuat dengan menambahkan air pada parutan daging kelapa. Santan mengandung sekitar 50% air dan cukup tinggi lemaknya

2. Memiliki sifat antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel Anda selama metabolisme. Produksi mereka meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menimbulkan bahaya.

Dalam satu studi tahun 2012, tikus yang kebal insulin dengan diet tinggi fruktosa diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, begitu pula tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Studi lain dari tahun 2014 menemukan bahwa hati tikus yang rusak menunjukkan peningkatan stres oksidatif yang signifikan saat diobati dengan air kelapa dibandingkan dengan hati yang tidak mendapat pengobatan.

Studi ketiga dari tahun 2016 menyoroti manfaat ekstrak air kelapa pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Air kelapa tidak hanya membantu menurunkan penanda kolesterol, tetapi juga menunjukkan "potensi antioksidan.

Meskipun studi ini menarik, penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia dan kekuatan antioksidan air kelapa, dan masing-masing penelitian pada hewan menggunakan dosis dan parameter yang berbeda.

3. Dapat membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian dari tahun 2015, tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Studi yang lebih baru dari tahun 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes juga menemukan bahwa air kelapa mengurangi glukosa darah.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Namun, manfaat gula darah tambahan lainnya dari air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes

4. Dapat membantu mencegah batu ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal.

Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, dua penelitian kecil menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Kristal-kristal ini kemudian dapat membentuk batu-batu kecil. Sementara beberapa orang lebih rentan daripada yang lain, batu ginjal mempengaruhi sekitar 12% populasi dunia.

Dalam sebuah studi tahun 2013 pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian saluran kemih lainnya. Itu juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di urin.

Dalam sebuah penelitian dari tahun 2018 yang melibatkan delapan orang, para peneliti menemukan bahwa air kelapa meningkatkan buang air kecil potasium, klorida, dan sitrat pada individu tanpa batu ginjal, yang berarti air kelapa dapat membantu membersihkan sistem dan menjaga kemungkinan batu tetap rendah.

Karena satu penelitian melibatkan hewan dan yang lainnya sangat kecil, perlu dilakukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat air kelapa dalam mengurangi kemungkinan batu ginjal.

5. Dapat mendukung kesehatan jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam studi yang lebih tua dari tahun 2008, para peneliti memberi makan tikus dengan makanan yang kaya lemak dan kolesterol. Mereka juga memberi satu kelompok air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan).

Setelah 45 hari, kelompok air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang serupa dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Perlu diingat bahwa ini adalah dosis yang sangat tinggi. Dalam istilah manusia, itu setara dengan orang seberat 150 pon (68 kg) yang mengonsumsi 91 ons (2,7 liter) air kelapa per hari.

Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada individu yang hidup dengan tekanan darah tinggi, tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan di area tersebut.

Salah satu alasan air kelapa dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan potasiumnya yang mengesankan (500mg potasium dalam 8 ons). Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

6. Bermanfaat setelah lama berolahraga

Air kelapa mungkin merupakan minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Beberapa elektrolit vital termasuk kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat daripada air untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Faktanya, satu studi kecil tahun 2014 di Brasil menemukan bahwa air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air atau minuman olahraga selama hari yang sangat panas.

7. Sumber hidrasi yang lezat

Air kelapa alami sedikit manis dengan rasa pedas yang halus. Ini juga cukup rendah kalori dan karbohidrat.

Ini paling segar langsung dari buahnya, tetapi jika Anda tidak dapat mengisi lemari es Anda dengan kelapa segar, ada banyak merek air kelapa di rak saat ini.

Pastikan untuk membaca bahan-bahannya untuk memastikan Anda mendapatkan 100% air kelapa. Beberapa merek kemasan dapat mengandung tambahan gula atau bahan penyedap.

Anda bisa menggunakan cairan tropis ini sebagai bahan dasar smoothies, puding biji chia, saus vinaigrette, atau sebagai pengganti air putih kapan pun Anda menginginkan sedikit rasa manis alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro