Ginjal/thekidneysolution.com
Health

Ciri-ciri Ginjal Anda Bermasalah, Salah Satunya Otot Kram

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 4 Januari 2023 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit ginjal bisa sangat mahal harganya untuk pengobatan.

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk pemurnian darah dan menghilangkan cairan ekstra dari tubuh.

Ketika ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, maka masalah kesehatan mengintai Anda.

Dan saat ginjal bermasalah, ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan pada tubuh Anda.

Berikut adalah tanda-tanda yang menandakan risiko Anda menderita penyakit ginjal kronis.

1. Mudah lelah

“Anda memiliki lebih sedikit energi atau kesulitan berkonsentrasi adalah pertanda buruk. Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Ini dapat menyebabkan orang merasa lelah dan lemah,” kata Dr. Puru Dhawan, pakar Ginjal Ayurveda dan pendiri Sai Sanjivani.

2. Kulit kering dan gatal

Menurut Dr. Puru Dhawan(BAMS), ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah Anda. Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah Anda.

3. Darah di urin

“Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin, tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai "bocor" ke dalam urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin bisa menjadi indikasi adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi”, kata Dr. Dhawan.

4. Urin berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin – terutama yang mengharuskan Anda untuk menyiram beberapa kali sebelum hilang – menunjukkan protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengocok telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur.

5. Otot kram

Puru Dhawan juga menambahkan bahwa ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kram otot.

6. Pergelangan kaki bengkak

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan di ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro