Ginjal/wikybrew.com
Health

Tanda Umum Sakit Batu Ginjal yang Kadang Disepelekan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 Januari 2023 - 11:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu meskipun bisa diobati.

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam yang berkembang di dalam ginjal Anda.

Ada  beberapa penyebab orang bisa terkena batu ginjal. Semisal diet, kelebihan berat badan, kondisi medis tertentu dan beberapa suplemen dan obat-obatan dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Gejalanya dapat bervariasi dari orang ke orang tergantung pada seberapa lanjut kondisinya. Konon beberapa tanda batu ginjal yang paling umum adalah sebagai berikut.

1. Rasa sakit yang hebat

Menurut Mayo Clinic, batu ginjal yang berkembang di ureter dapat menghalangi aliran urin dan menyebabkan ginjal membengkak dan ureter mengalami kejang, yang bisa sangat menyakitkan. Badan kesehatan menggambarkan rasa sakit sebagai 'parah, tajam' yang terjadi di samping dan belakang, di bawah tulang rusuk.

Selain itu, nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan selangkangan, yang datang bergelombang dan intensitasnya berfluktuasi atau sensasi terbakar saat buang air kecil juga bisa menandakan batu ginjal.

2. Masalah kencing

Batu ginjal dapat menyebabkan masalah buang air kecil. Ini termasuk sering buang air kecil, kesulitan buang air kecil atau tidak bisa buang air kecil, sensasi nyeri terbakar saat buang air kecil dan urin keruh. Semua ini mungkin sering disalahpahami sebagai kondisi kencing lainnya. Namun, menguji diri sendiri adalah cara terbaik untuk mendiagnosisnya.

3. Darah dalam urin

Kebanyakan orang dengan batu ginjal mengalami darah dalam urin mereka. Ini juga disebut 'hematuria'. Penampilan urin biasanya berwarna merah muda atau kemerahan. Dalam kasus tertentu darah hampir tidak terlihat sampai sampel urin diuji di laboratorium.

4. Demam, mual dan muntah

Beberapa gejala yang paling umum juga termasuk mual dan muntah. Orang dengan batu ginjal juga bisa mengalami demam dan menggigil jika ada infeksi, kata Mayo Clinic.

5. Kapan harus mengunjungi dokter

Sementara pemeriksaan rutin dapat membantu dalam mendiagnosis keberadaan batu ginjal, penting juga untuk mengetahui kapan itu menjadi yang paling serius. Yang mengatakan, kunjungi dokter jika:

- Anda mengalami rasa sakit yang tajam dan parah

- nyeri anda disertai mual muntah

- nyeri anda disertai demam dan menggigil

- darah dalam urin Anda

- kesulitan buang air kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro