Catat, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami (pixabay)
Fashion

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Nuraini
Senin, 16 Januari 2023 - 08:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang bisa dialami siapa saja. Kondisi tersebut terkadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Lantas, apa penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok bisa disebabkan oleh faktor genetik maupun gaya hidup. Dilansir dari Bethsaida Hospitals, berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang perlu dipahami.

1. Faktor genetik

Salah satu faktor penyebab rambut rontok yaitu karena faktor genetik. Penyebab ini biasanya dialami oleh pria. Kerontokan karena faktor genetik biasanya secara perlahan hingga akhirnya menyebabkan kebotakan.

2. Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan kerontokan. Meskipun demikian, ketidakseimbangan hormon ini biasanya hanya menyebabkan kerontokan sementara.

3. Stres fisik

Kondisi stres fisik seperti demam, pasca operasi, atau penyakit kanker bisa menyebabkan rambut rontok. Adanya penyakit pada kulit kepala juga bisa menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu, cara mengatasi rambut rontok berlebihan akibat stres fisik yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh dan melakukan pengobatan dengan tepat.

4. Menata rambut berlebihan

Kegiatan mengikat rambut terlalu kencang, pengeringan rambut secara terus menerus, mewarnai rambut, dan kegiatan perawatan rambut lainnya ternyata bisa memicu kerontokan. Maka dari itu, cara agar rambut tidak rontok yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan rambut seperlunya saja.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Mengatasi rambut yang rontok berlebihan ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Berdasarkan penjelasan di Healthline, berikut ini cara mengurangi rambut rontok dengan bahan-bahan alami.

1. Lidah buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dipercaya bisa mengatasi rambut rontok. Lidah buaya memiliki kemampuan menenangkan kulit kepala dan membuat kondisi rambut lebih baik.

Selain itu, lidah buaya juga bisa mengatasi ketombe dan dapat membuka folikel rambut yang tersumbat akibat minyak berlebih. Cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu. Anda juga dapat menggunakan sampo dan kondisioner yang memiliki kandungan lidah buaya.

2. Minyak kelapa

Selain menggunakan lidah buaya, cara merawat rambut rontok juga bisa dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan alami ini diketahui mengandung asam lemak yang dapat masuk ke batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut.

3. Minyak ikan

Cara mengatasi rambut rontok parah juga bisa dengan mengkonsumsi minyak ikan. kandungan asam lemak omega di dalam minyak ikan diketahui bisa membantu memperbaiki kondisi rambut Anda. Meskipun demikian, konsumsi minyak ikan tidak boleh berlebihan.

4. Ginseng

Ginseng juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen. Ginseng diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara merangsang folikel rambut.

5. Jus bawang

Jus bawang diketahui bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rambut rontok. Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, jus bawang juga bisa mengobati patchy alopecia areata atau kondisi autoimun yang membuat tubuh menyerang folikel rambut.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan rambut rontok. Apabila masalah kesehatan tersebut diatasi, maka kemungkin rambut rontok semakin kecil.

6. Minyak rosemary

Cara mencegah rambut rontok juga bisa dengan menggunakan minyak rosemary. Anda bisa menambahkan minyak rosemary pada sampo dan kondisioner. Perlu diketahui bahwa sebaiknya tidak menggunakan minyak esensial ini langsung pada kulit, lebih baik campurkan dulu dengan sampo yang biasa digunakan.

7. Jeruk lemon

Jeruk nipis juga termasuk bahan alami yang dapat menjadi salah satu cara rambut tidak rontok. Anda bisa mengoleskan jus lemon pada kulit kepala dan rambut selama 15 menit sebelum keramas.

8. Minyak geranium

Cara atasi rambut rontok selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak geranium. Minyak esensial ini diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat rambut, memulihkan kondisi rambut, dan membuat rambut menjadi lebih lembap. Anda bisa mencampurkan minyak geranium pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro