Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 12 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Selain dikenal sebagai minuman penghilang kantuk, kopi juga memiliki manfaat lain untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat kopi yang perlu diketahui.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 Januari 2023  |  17:54 WIB
Ini 12 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah
Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Selain menyegarkan, kopi juga memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat kopi yang paling dikenal yakni dapat meningkatkan produktivitas kerja. Lalu, apa saja manfaat lainnya? Simak penjelasannya disini. 

Kandungan Kopi

Berdasarkan panganku.org.id, kandungan nutrisi dalam setiap 100 g kopi, sebagai berikut.

  • Air (2,6 g)
  • Energi (129 kal)
  • Protein (12,3 g)
  • Lemak (0,5 g)
  • Karbohidrat (35,0 g)
  • Abu (9,7 g)
  • Kalsium (179 mg)
  • Fosfor (383 mg)
  • Besi (5,6 mg)
  • Natrium (72 mg)
  • Kalsium (3,256 mg)
  • Tembaga (0,14 mg)
  • Vitamin B1 (0,21 mg)
  • Vitamin B2 (0,21 mg)
  • Niasin (30,6 mg)

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam kopi memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan. Mengutip dari beberapa sumber, berikut manfaat kopi untuk kesehatan. 

1. Meningkatkan energi

Manfaat kopi untuk kesehatan yang pertama bisa meningkatkan energi. Kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan stamina.

2. Mengurangi kerontokan

Manfaat kopi untuk rambut dapat mengurangi kerontokan. Berdasarkan penelitian pada Skin Pharmacology and Physiology, perawatan rambut yang mengandung kafein dapat membantu merangsang pemanjangan batang rambut, menyehatkan kulit kepala, memperkuat rambut, dan mengurangi kerontokan rambut.

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkaitan dengan penurunan risiko jantung, stroke, dan gagal jantung. Salah satu riset tentang manfaat kopi untuk jantung tertuang dalam Harvard School of Public Health. 

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih setiap harinya berpotensi menurunkan risiko stroke daripada orang yang tidak minum kopi sama sekali. Namun, kafein dalam kopi dapat mempengaruhi tekanan darah sehingga konsumsi kopi perlu dibatasi.

4. Membersihkan ketombe

Selain mengatasi kerontokan, manfaat kopi untuk rambut lainnya yaitu dapat membersihkan ketombe. Kopi sudah dikenal sebagai bahan eksfoliasi yang dapat membantu mengatasi ketombe. Cara penggunaannya dengan memijat seduhan kopi di atas kulit kepala ataupun menggunakannya bersamaan dengan sampo. 

5. Menjaga berat badan

Kopi baik dikonsumsi saat diet. Kafein pada kopi bisa mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak. Manfaat kopi untuk diet dapat diperoleh apabila mengkonsumsi kopi tanpa tambahan gula. 

6. Menjaga kesehatan otak

Manfaat kopi untuk kesehatan otak dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan depresi. Rutin mengkonsumsi kopi diketahui dapat membantu mengurangi penurunan fungsi otak. 

7. Mengurangi risiko kanker

Kafein dalam kopi dapat menghambat perkembangan kanker. Manfaat kopi pahit bagi pria dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, kandungan antioksidan pada kopi juga dapat menurunkan risiko kanker hati, endometrium, mulut, dan tenggorokan.

Manfaat Kopi Untuk Wajah

Kandungan kopi juga membawa manfaat baik untuk wajah. Berikut beberapa manfaat kopi untuk wajah. 

1. Memperlambat penuaan

Manfaat kopi untuk wajah yang pertama yaitu dapat memperlambat penuaan karena dapat mengurangi garis-garis halus dan kemerahan pada wajah. 

2. Mencegah kanker kulit

Salah satu manfaat kopi untuk kulit yaitu bisa mencegah penyakit kanker kulit. Kopi mengandung vitamin B3 yang baru terurai setelah dipanggang. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah kanker kulit non-melanoma.  

3. Mengurangi peradangan

Manfaat minum kopi lainnya yaitu bisa mengurangi peradangan. Efek antiinflamasi berkaitan dengan asam klorogenat dan melanoidin dalam kopi yang berperan dalam mengurangi hiperpigmentasi. 

4. Mengatasi jerawat

Kandungan asam klorogenat dalam kopi bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Penggunaan masker kopi secara teratur dapat membantu mengurangi masalah kulit berjerawat.

5. Menghilangan lingkaran hitam di bawah mata

Manfaat kopi untuk wajah dapat mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan kafein yang membantu melebarkan pembuluh darah pada mata sehingga lingkaran hitam dapat menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi Manfaat kesehatan tips sehat kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top