Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sejarah Hari Pendidikan Internasional, Diperingati Setiap 24 Januari

Tanggal 24 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai hari pendidikan internasional, ini sejarahnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  08:43 WIB
Sejarah Hari Pendidikan Internasional, Diperingati  Setiap 24 Januari
Ilustrasi pendidikan internasional
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tanggal 3 Desember 2018, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi konsensus sebuah resolusi yang menyatakan 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional, untuk merayakan peran pendidikan untuk perdamaian dan pembangunan.

Adopsi resolusi 73/25 “Hari Pendidikan Internasional”, yang ditulis bersama oleh Nigeria dan 58 Negara Anggota lainnya, menunjukkan kemauan politik yang teguh untuk mendukung tindakan transformatif untuk pendidikan yang inklusif, setara, dan berkualitas untuk semua.

Dengan melakukan itu, komunitas internasional menegaskan kembali bahwa pendidikan memainkan peran kunci dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan dan tangguh, dan berkontribusi pada pencapaian semua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan lainnya.

Dengan maksud untuk meningkatkan kerjasama internasional dalam mendukung upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4, resolusi tersebut meminta semua pemangku kepentingan termasuk Negara Anggota, organisasi sistem PBB, dan masyarakat sipil, organisasi non-pemerintah, lembaga akademik, swasta sektor, individu dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mengamati Hari Pendidikan Internasional.

UNESCO, sebagai badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pendidikan, memfasilitasi perayaan tahunan Hari ini bekerja sama erat dengan para pelaku pendidikan utama.

Ide hari pendidikan internasional pertama kali diusulkan oleh United Nations Educational pada 3 Desember 2018. Itu diproklamirkan oleh PBB sebagai sarana untuk mempromosikan perdamaian dan saling pengertian di antara bangsa-bangsa melalui kerja sama di bidang pendidikan.

Tanggal dipilih untuk perayaan ini, 24 Januari menandai peringatan penandatanganan Konstitusi UNESCO. Sejak saat itu, tanggal 24 Januari diperingati sebagai Hari Pendidikan Internasional oleh masyarakat di seluruh dunia.

Akses universal ke pendidikan berkualitas adalah salah satu alat terpenting yang kita miliki untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Pendidikan tidak hanya tentang memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang membentuk nilai-nilai dan sikap kita. Ini membantu kita memahami budaya yang berbeda dan mengembangkan empati terhadap orang lain. Ketika semua orang diberi akses ke pendidikan, itu mengarah pada kemajuan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan perdamaian.

Hari Pendidikan Internasional PBB adalah hari untuk meningkatkan kesadaran tentang kurangnya akses ke pendidikan yang layak di banyak bagian dunia. Ada beberapa negara di mana tidak ada guru formal, sekolah atau sumber belajar tersedia, dan beberapa bahkan menggunakan pendidikan untuk tujuan mereka sendiri, membentuk generasi masa depan sesuai keinginan mereka. Pendidikan adalah hak asasi manusia global, dan kita harus melakukan segala yang mungkin untuk menjamin bahwa setiap orang dapat mengaksesnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan anak dinas pendidikan pendidikan pendidikan tinggi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top