Kumpulan Manfaat Skipping untuk Tubuh, Apa Saja_ (pexels)
Health

Simak 9 Manfaat Skipping untuk Kesehatan, Apa Saja?

Nuraini
Senin, 13 Februari 2023 - 18:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Skipping atau lompat tali adalah olahraga kardio yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebagai salah satu olahraga kardio, manfaat skipping sangat beragam.

Lantas, apa saja manfaat lomba tali? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Olahraga Skipping

Lompat tali merupakan olahraga yang menggerakan seluruh tubuh. Maka dari itu, manfaat olahraga ini sangat beragam. Berikut beberapa manfaat dari skipping yang penting untuk diketahui.

1. Menurunkan berat badan

Skipping ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat skipping untuk diet yaitu bisa membantu membakar lemak.

Olahraga kardio ini diketahui bisa membakar sekitar 10 kalori per menit. Tentu saja jumlah kalori yang terbakar akan berbeda pada setiap orang. Rutin melakukan olahraga ini dan diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, akan membuat tubuh lebih ideal.

2. Mengurangi lemak pada perut

Selain bisa membakar kalori, skipping juga bisa membantu mengurangi lemak yang ada di perut. Manfaat skipping untuk perut ini bisa diperoleh apabila olahraga ini dilakukan dengan metode HIIT atau high intensity interval training.

3. Memelihara kesehatan jantung

Olahraga skipping juga diketahui bisa meningkatkan kesehatan jantung. Gerakan olahraga ini jika dilakukan dengan rutin bisa membuat otot bekerja lebih keras yang membuat organ tubuh memerlukan banyak oksigen dan darah. Kondisi tersebut dapat membuat dekat jantung dan frekuensi napas meningkat.

Hal tersebutlah yang membuat organ jantung dan paru-paru lebih terlarut. Hingga akhirnya stamina tubuh juga bisa meningkat.

4. Membuat tubuh lebih tinggi

Manfaat skipping untuk tinggi badan ternyata bukan mitos. Dengan melakukan olahraga ini, maka tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan yang dapat memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa manfaat ini hanya efektif dirasakan oleh anak-anak dan remaja saja. Pasalnya, pada usia tersebut pertumbuhan tulang yang ditunjang oleh hormon pertumbuhan masih optimal. Sehingga tinggi badan bisa bertambah dengan cukup signifikan.

5. Meningkatkan keterampilan motorik

Kegiatan skipping ternyata bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik, terutama koordinasi dan keseimbangan. Dalam Journal of Sports Science Medicine menyebutkan bahwa, efek lompat tali pada pemain sepak bola remaja bisa membuat pemain mengalami peningkatan kemampuan motorik.

6. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat skipping untuk wanita dan pria selanjutnya yaitu bisa membuat tulang lebih kuat dan padat. Gerakan skipping yang dilakukan berulang kali bisa bisa membentuk otot kaki menjadi lebih kuat. Kondisi ini akan membuat Anda tidak mudah lelah saat berjalan jauh atau ketika menaiki tangga.

7. Mengurangi risiko cedera

Tulang yang kuat akibat rutin skipping akan memiliki risiko cedera yang lebih kecil. Meskipun demikian, olahraga lompat tali ini tidak disarankan untuk seseorang yang memiliki gangguan osteoporosis karena dapat memperburuk kondisi kesehatan tulang.

8. Meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan sendi bahu

Selain memiliki banyak manfaat untuk kaki, olahraga skipping juga ternyata bermanfaat untuk melatih otot bahu. Gerakan skipping dapat membuat sendi bahu lebih fleksibel dan kuat.

9. Meningkatkan kemampuan berpikir

Saat kita melakukan skipping, maka tubuh akan secara otomatis mengkombinasikan tempo dan melakukan koordinasi gerakan. Kondisi tersebut ternyata bisa membuat kemampuan kognitif meningkat. Tentu saja hal ini sangat baik untuk menunjang kemampuan berpikir.

Itulah beberapa manfaat skipping yang perlu diketahui. Selain rutin melakukan olahraga, agar tubuh tetap sehat dan bugar, Anda juga perlu rutin mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga pola istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro