Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, Mental, dan Wajah (pexels)
Health

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, Mental, dan Wajah

Nuraini
Selasa, 24 Januari 2023 - 21:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga adalah kegiatan pelatihan fisik untuk menunjang kesehatan tubuh. Olahraga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat beragam.

Mayoritas orang berolahraga untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh olahraga juga bisa menguatkan mental terutama dalam kepercayaan diri. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh?

Olahraga menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Mengutip dari Alodokter, berikut ini sejumlah manfaat olahraga bagi tubuh yang perlu diketahui. 

1. Mengendalikan kadar gula darah

Salah satu manfaat olahraga secara teratur adalah bisa mengendalikan gula darah, terutama untuk penyintas penyakit diabetes tipe 2. Manfaat olahraga untuk diabetes lainnya yaitu bisa mencegah resistensi insulin yang menjadi pemicu penyakit diabetes. 

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat olahraga untuk jantung akan membantu untuk melancarkan aliran darah, memperkuat otot jantung, membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, serta bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Olahraga ini juga ternyata bisa menjadi salah satu langkah yang penting untuk dapat mencegah penyakit kronis seperti jantung dan stroke. 

3. Meringankan nyeri punggung

Selain bisa mengendalikan kadar gula dalam darah, manfaat olahraga adalah bisa mencegah mengurangi nyeri punggung. Otot punggung akan lebih kuat dan bisa menopang sendi serta tulang belakang lebih baik apabila anda berolahraga. Jenis olahraga yang dapat dilakukan seperti yoga, bersepeda, berenang, dan jalan kaki.

Manfaat Olahraga Bagi Mental

Selain menunjang kesehatan fisik, rutin olahraga juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental. Berikut ini sejumlah manfaat olahraga untuk kesehatan mental.

1. Memperbaiki suasana hati

Manfaat dari olahraga untuk mental yaitu bisa memperbaiki suasana hati. Olahraga bisa membuat seseorang lebih tenang, tenang, dan puas. Hal ini membuat suasana hati juga ikut positif dalam menjalani keseharian. 

2. Mengurangi stress

Olahraga juga bisa membantu untuk mengurangi produksi hormon stres. Pada saat Anda berolahraga, detak jantung akan meningkat sehingga ini akan merangsang produksi dari hormon norepinefrin. Hormon tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan gairah dan juga membantu tubuh dalam menghadapi kondisi stres.

3. Mengatasi depresi dan kecemasan

Manfaat olahraga selanjutnya yaitu bisa membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Olahraga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan mental. Olahraga ini bisa membantu untuk memproduksi hormon endorfin yang berperan untuk menghilangkan rasa sakit.

Manfaat Olahraga Untuk Wajah

Ternyata rutin berolahraga juga bisa membantu untuk kesehatan kulit. Berikut ini beberapa manfaat dari olahraga.

1. Kulit tampak lebih bersih

Manfaat olahraga untuk kulit yaitu bisa membuat kulit tampak lebih bersih dan sehat. Wajah akan mendapatkan produksi keringat yang mampu mendorong kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit. Pastikan setelah anda selesai berolahraga mandi dan membersihkan keringat yang ada.

2. Mencegah mata panda

Manfaat olahraga untuk wajah selanjutnya yaitu bisa mengatasi mata panda. Olahraga juga bisa berpengaruh pada kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik bisa membantu untuk mencegah mata panda terbentuk di lingkaran bawah mata.

3. Mencegah penuaan dini

Tanda penuaan dini juga bisa cegah dengan rutin melakukan olahraga. Kegiatan fisik bisa meningkatkan kolagen pada kulit. Dengan demikian, tanda penuaan dini bisa dicegah. 

Itulah sejumlah manfaat olahraga yang perlu diketahui. Untuk mendapatkan manfaat dengan maksimal, maka perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro