lipoedema/
Health

Kenali Lipoedema, Kelebihan Lemak yang Tidak Bisa Hilang dengan Diet dan Olahraga

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Januari 2023 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lipoedema adalah suatu kondisi yang menyebabkan lemak berlebih menumpuk secara tidak proporsional di paha, kaki, dan bokong Anda.

Ini menyebabkan lipatan kulit ekstra, yang bisa sangat menyakitkan setelah beberapa saat.

Menurut WebMD, lipoedema mempengaruhi lebih dari 11 persen wanita di seluruh dunia dan merupakan kondisi yang sangat menyakitkan dan tidak dapat disembuhkan yang disebabkan terutama karena ketidakseimbangan hormon.

Meskipun lipoedema sering disalahartikan sebagai obesitas, hal ini hanya terjadi di bagian bawah tubuh dan tidak pernah terjadi di lengan atau tangan. Kondisi tersebut, menurut para ahli kesehatan adalah kondisi kronis jangka panjang yang hanya menyerang wanita dan berkembang perlahan, dalam empat tahap.

Dokter percaya bahwa kondisi ini berkembang seiring dengan bertambahnya timbunan lemak dan akhirnya sel-sel lemak menyumbat pembuluh darah di sistem limfatik. Ini mencegah sistem limfatik menguras cairan getah bening, yang dapat menyebabkan penumpukan cairan.

Meskipun penyebab pasti dari kondisi tersebut tidak dapat ditentukan, dokter di seluruh dunia mengatakan bahwa lebih dari 60 persen orang dengan lipoedema memiliki anggota keluarga yang juga menderita penyakit tersebut, jadi mungkin ada hubungan genetik.

Jenis lipoedema

Menurut National Library of Medicine, profesional medis mengkategorikan kondisi tersebut menjadi lima jenis berdasarkan:

  • Tipe 1: Lemak berada di antara pusar dan pinggul. Seringkali menutupi panggul dan bokong.
  • Tipe 2: Lemak berada di sekitar panggul dan turun ke lutut.
  • Tipe 3: Lemak dimulai dari panggul dan berlanjut ke pergelangan kaki. Seseorang dengan tahap ini mungkin memiliki manset lemak yang menonjol di pergelangan kaki.
  • Tipe 4: Lemak menyebar dari bahu ke pergelangan tangan.
  • Tipe 5: Lemaknya dominan di betis.

Tanda dan gejala

Gejala khas lipoedema adalah

  • Bagian bawah yang besar dan kaki seperti kolom
  • Kulit lembut dan rawan memar
  • Bagian tubuh bagian bawah terus tumbuh
  • Nyeri tubuh bagian bawah yang konstan
  • Tidak nyaman
  • Tidak bisa berjalan dengan baik
  • Infeksi
  • Keterlambatan penyembuhan luka
  • Fibrosis atau jaringan parut
  • Kulit yang mengeras di kaki

Pengobatan

Meskipun dokter mengatakan tidak ada obat untuk lipoedema, ada beberapa perawatan yang dapat dicoba berdasarkan kondisi Anda untuk mengatasi gejala dan menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Pijat drainase limfatik manual

Ini adalah bentuk pijatan lembut yang bertujuan untuk merangsang pergerakan cairan getah bening ke seluruh tubuh. Pemijatan dapat mengalirkan cairan getah bening dari area yang tersumbat ke pembuluh sehat di tubuh, serta meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga mengurangi rasa sakit.

Terapi kompresi

Terapi ini melibatkan penggunaan perban elastis yang akan meningkatkan tekanan pada jaringan di kaki yang bengkak. Dokter percaya bahwa perawatan ini mengurangi kemungkinan pasien untuk menumpuk lebih banyak cairan di anggota tubuh mereka.

Sedot lemak

Selain mengurangi sel-sel lemak, sedot lemak, operasi kosmetik, sangat bermanfaat dalam mengelola gejala lipoedema ketika pilihan pengobatan lain gagal. Ini membantu menghilangkan lemak sambil menyelamatkan pembuluh limfatik dengan memecah jaringan lemak dan mengeluarkannya dari tubuh menggunakan vakum bertekanan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro