Taylor Swift tampil di ajang Grammy Awards 2016. /Bloomberg-Kevork Djansezian
Entertainment

Para Entertainer dengan Bayaran Termahal di Dunia

Arlina Laras
Senin, 20 Februari 2023 - 11:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada sejumlah daftar selebriti, musisi hingga pelaku industri kreatif yang punya bayaran tertinggi di dunia dan mampu menghasilkan lebih dari US$1,3 miliar pada 2022 lalu. 

Jadwal show yang padat, ditambah dengan kesuksesan karya mereka dan basis penggemar yang besar, hingga bisa menghasilkan karya yang luar biasa tentu menjadi faktor seberapa berharganya mereka di panggung hiburan hingga menentukan berapa besar pundi-pundi penghasilan yang mereka kumpulkan.

Berikut daftar publik figur terkaya di dunia yang punya bayaran termahal melansir dari Forbes 

1. Genesis

Pelopor rock progresif memuncaki tahun 2022 dengan penjualan hak musik senilai US$300 juta atau setara dengan Rp4,5 triliun ke Concord Music Group pada bulan September.

Kesepakatan itu terdiri dari hak penerbitan dan pilihan aliran pendapatan musik rekaman dari grup, serta aliran pendapatan solo dari Phil Collins (termasuk lagu hit "In The Air Tonight") dan rekan band Tony Banks dan Mike Rutherford.

Tur dan merekam royalti musik melengkapi pendapatan mereka. Adapun, bayaran mereka mencapai US$230 juta atau setara dengan Rp3,4 triliun.

2. Sting

Sting yang menjadi pemenang 17 Grammy ini mengantongi US$300 juta sebelum honor dengan menjual seluruh hasil musiknya, baik solo maupun bersama The Police, ke Universal Music Group.

Adapun, bayaran Gordon Matthew Thomas Sumner, atau lebih dikenal sebagai Sting ini mencapai US$210 juta atau setara dengan Rp3,1 triliun. 

3. Tyler Perry

Sutradara, penulis naskah, aktor, dan komedian asal Amerika Serikat bernama Tyler Perry ini pernah menjadi pria dengan bayaran tertinggi di dunia hiburan pada tahun 2011 menurut Forbes.

Kali ini, nama Tyler Perry kembali masuk ke dalam data versi Forbes. Dia menduduki peringkat ketiga sebagai selebriti dengan bayaran termahal, yakni US$175 juta atau sekitar Rp2,6 triliun.

Di tahun keduanya di antara 10 entertain dengan bayaran tertinggi versi Forbes, Perry adalah satu-satunya miliarder dalam daftar tersebut dengan kekayaan sekitar US$1 miliar atau setara dengan Rp15,1 triliun

4. Trey Parker & Matt Stone

Duo dibalik serial televisi ‘South Park’ ini mendapat bayaran termahal lewat perjanjiannya dengan Paramount dan HBO Max, di mana dalam kontrak 2021 pasangan tersebut mendapat nilai US$935 juta atau setara dengan Rp14,1 triliun selama enam tahun.

Hal tersebut membuat keduanya menjadi animator dengan bayaran termahal, yakni US$160 juta atau sekitar Rp2,4 triliun. 

5. James L. Brooks & Matt Groening

Keluarga kartun kuning favorit Amerika, The Simpsons, bermigrasi selama 30 musim ke Disney+ dari FX.

Kontrak ini berlaku setelah Disney mengakuisisi Fox sebelumnya sebesar US$52 miliar atau setara dengan Rp788,5 triliun.

Keduanya memiliki bayaran Rp1,59 triliun atau US$105 juta, yang membuat keduanya masuk ke dalam daftar selebriti bayaran termahal di dunia.

6. Brad Pitt

Mantan suami Angelina Jolie ini menjadi aktor dengan bayaran termahal di dunia sebesar US$100 juta atau Rp 1,5 triliun.

Jumlah yang fantastis ini tidak lepas dari perannya di Bullet Train, Babylon, dan The Lost City.

7. Rolling Stones

Band rock asal Inggris yang legendaris tersebut masih aktif di industri musik. Berkat royalti, hak cipta karya, dan tur mereka bisa mengantongi banyak pundi-pundi kekayaan.

Melansir dari Pollstar, band ini memiliki bayaran termahal di dunia, yaitu sebanyak US$98 miliar atau Rp1,48 triliun.

Mereka bisa mengantongi lebih dari US$8,5 juta atau setara dengan Rp128,9 miliar per malam dalam tur 15 kota di seluruh Eropa musim panas lalu. 

8. James Cameron

Kesuksesan besar Avatar: The Way of Water menjadikan Cameron sutradara dari tiga film berpenghasilan tertinggi sepanjang masa, bersama dengan Avatar pertama (2009) dan Titanic (1997).

Tak heran, jika James Cameron masuk ke dalam daftar selebriti dengan bayaran termahal di dunia versi Forbes dengan bayaran sebesar US$95 miliar atau Rp1,44 triliun.

9. Taylor Swift

Pendapatan gabungan dari penjualan rekaman fisik, streaming di platform seperti Spotify, unduhan digital, lisensi menjadi sumber pendapatannya yang fantastis.

Taylor Swift sendiri mengantongi pendapatan US$92 juta atau sekitar Rp1,39 triliun. 

10. Bad Bunny

Rapper Puerto Rico, terkenal karena menggabungkan reggaeton (campuran reggae Karibia dan rap daratan) dengan perangkap Latin (subgenre hip-hop dengan akar di AS selatan) memikat jutaan orang di seluruh dunia. 

Bagian terbesar dari pendapatannya berasal dari dua tur: El Último Tour Del Mundo ditambah dengan adanya support dari brand  Cheetos, dan Adidas sangat menarik. 

Tak heran, dengan popularitasnya yang besar menjadika dia sebagai penyanyi dengan bayaran termahal di dunia, yaitu US$88 miliar atau sekitar Rp 1,33 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro