Cara Membuat Proposal Penelitian dengan Mudah (pexels)
Relationship

Tips dan Cara Membuat Proposal Penelitian dengan Mudah

Nuraini
Kamis, 23 Februari 2023 - 22:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara membuat proposal menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Terutama jika Anda saat ini sedang berkutat dengan penelitian

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar cara membuat proposal yang baik dan benar. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Fungsi Proposal Penelitian

Proposal adalah rencana kegiatan yang dibuat sistematis, rinci, dan formal. Sebelum mengetahui cara membuat proposal kegiatan penelitian yang baik dan benar, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu fungsi proposal penelitian.

Adapun beberapa fungsi, antara lain.

1. Mendapat persetujuan

Fungsi dari proposal penelitian yang pertama untuk memperoleh persetujuan dari instansi yang berkaitan, sehingga Anda dapat melaksanakan penelitian tanpa ada hambatan dari pihak manapun.

2. Memberikan gambaran

Proposal penelitian juga digunakan untuk menyampaikan gambaran terkait rencana penelitian yang akan dilakukan.

3. Menjelaskan rencana penelitian

Rencana penelitian harus disusun dengan sistematis agar dapat dengan mudah dimengerti. Proposal penelitian harus menjelaskan masuk secara keseluruhan dari rencana yang sudah dibuat.

Tata Cara Membuat Proposal Penelitian

Proposal penelitian biasanya hanya sampai dengan metode penelitian saja. Sedangkan untuk bagian isi dan penutupnya akan dilanjutkan setelah penelitian dilakukan.

Dalam membuat sebuah proposal penelitian maka bagian pertama yang harus ditulis yaitu pendahuluan yang biasanya berisi latar belakang, tujuan, hipotesis, metode penelitian dan bagian lain sesuai dengan kebijakan instansi masing-masing.

Bagian latar belakang perlu dirumuskan dengan baik. Cara membuat latar belakang proposal harus mencantumkan argumentasi terkait dengan mengapa seorang peneliti memilih topik tersebut. Proposal penelitian yang dibuat juga perlu didukung dengan penelitian sebelumnya. 

Penulisan tujuan penelitian harus dituliskan dengan jelas yang mengindikasikan arah penelitian yang akan Anda lakukan. Tujuan dari penelitian juga menginformasikan terkait data yang akan dicapai pada saat penelitian nantinya dilakukan. 

Tujuan menjadi salah satu yang harus diperhatikan selain penulisan latar belakang. Tujuan pada proposal penelitian menjadi sebuah dasar dari penelitian yang akan dilakukan.

Hal Penting dalam Membuat Proposal Penelitian

Dalam membuat sebuah proposal penelitian ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut. 

1. Batasan penelitian

Anda perlu mencari sebuah topik dan memperhatikan batasannya. Penyaringan satu topik dari berbagai topik yang ada akan membantu untuk mendapatkan batasan dan topik lebih mengerucut.

Jangan sampai topik penelitian yang dipilih tidak terfokus pada satu masalah. Pembatasan ini akan sangat membantu untuk mempermudah pembuatan proposal.

2. Merumuskan tujuan dan rumusan masalah yang sejalan

Hal lain yang harus dilakukan yaitu merumuskan tujuan serta rumusan masalah yang logis dan juga sejalan. Tentukan terlebih dahulu rumusan masalahnya kemudian tujuan penelitiannya. Dapat juga dibalik dengan mendahulukan tujuan.

Tips Membuat Proposal Penelitian

Bagi Anda yang hendak membuat proposal penelitian, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan. 

Cara membuat proposal singkat untuk kegiatan bisa dilakukan dengan menuliskan bagian pendahuluan terlebih dahulu. Isi pendahuluan dalam sebuah proposal berisi latar belakang seperti pada umumnya.

Tata cara membuat kegiatan penelitian selanjutnya yaitu dengan menuliskan isi dari kegiatan. Tuliskan kegiatan yang akan dilakukan secara rinci. Tuliskan juga waktu pelaksanaan dari kegiatan yang akan dilakukan. 

Buat juga susunan acara serta susunan kepanitiaan dan anggaran dana yang dibutuhkan. Bagian terakhir dari proposal kegiatan yaitu bagian penutup. Tuliskan kalimat penutup yang bisa membuat sponsor tertarik.

Itulah beberapa cara membuat proposal dan beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro