Gejala dan penyakit sindrom tourette/ilustrasi
Health

Lewis Capaldi Alami Sindrom Tourette Saat Konser, Ini Penyebab Sindrom Tourette

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 28 Februari 2023 - 22:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyanyi Someone You Loved, Lewis Capaldi alami sindrom tourette saat konser musik di Jerman, Selasa (21/2/2023). 

Lewis Capaldi pada bulan September lalu mengumumkan bahwa dirinya terkena sindrom tourette yang mengakibatkan kesulitan bernyanyi saat konser.  

Pada saat konser, Lewis Capaldi mengalami tics dan akhirnya berpaling dari mikrofon dan dia sempat berhenti sejenak di tengah lagu. Para penonton dan juga fans ikut yang melihat kondisi lewis ikut membantu Lewis Capaldi bernyanyi untuk menyelesaikan lagu saat itu.

Dalam videonya yang  viral di Tiktok ketika dia sedang tics tersebut, Lewis menanggapi video tersebut 

“Helo Lewis disini, saya sudah melihat video yang beredar di Tiktok dan saya melihat banyak orang yang berkomen mengenai konser karena saya mengalami berkedut cukup banyak. Saya mengalami hal ini cukup sering dan sepertinya terlihat tidak nyaman. Saya mempunyai sindrom tourette, jadi saya mengalami hal ini cukup sering” Kata pelantun lagu Someone You Love melalui akun tiktoknya.

Menurut Lewis Capaldi kondisi ini bisa terjadi saat dirinya kelelahan, gugup atau bahkan bersemangat. 

Melalui konfirmasi dirinya di tiktok banyak komentar yang memberi dukungan kepada Lewis Capaldi untuk terus semangat dan berkarya dalam musiknya. 

Mengenai Sindrom Tourette, Apa itu Sindrom Tourette yang dialami Lewis Capaldi?

Sindrom Tourette merupakan gerakan berulang tak terkendali atau suara yang tak diinginkan (kedutan). Kondisi ini berkaitan dengan sistem saraf yang dapat menyebabkan mengedipkan mata berulang kali, mengangkat bahu, atau melontarkan kata kata yang tidak seharusnya. 

Gejala pertama yang muncul adalah perilaku impulsif, gerakan berulang, mengumpat secara tak terkontrol, pengucapan berulang, pengulangan yang tidak jelas, perilaku hiperaktif atau kehilangan pengendalian. 

Tics sendiri mempunyai dua macam. Pada tics sederhana biasanya muncul secara tiba-tiba sementara tics kompleks merujuk pada pola gerak otot 

Tics sederhana gejala yang muncul adalah:

1. Kedipan mata 

2. Hentakan kepala

3. Mengangkat bahu

4. Batuk

5. Mengerang

6. Kedutan di hidung

7. Gerakan mulut aneh 


Tics Kompleks gejala yang muncul adalah:

1. Aktivitas otot meningkat

2. Kontraksi otot tidak sengaja

3. Gerakan tidak disadari

4. Otot tegang menyentak

5. Melompat-lompat

6. Membungkuk dan memutar badan

Gejala sindrom Tourette dapat diobati dengan cara terapi perilaku kognitif dan terapi bicara dan mengungkapkan pengalam yang ditakuti serta minum obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro