Ilustrasi anak sakit demam/istimewa
Health

Kenali Gejala Kanker Pada Anak yang Wajib Diketahui

Elsa Hayati Sukma
Sabtu, 11 Maret 2023 - 11:00
Bagikan

Gejala-gejala kanker pada anak antara lain:

1. Leukemia

Leukimia merupakan penyakit yang berasal dari sumsum tulang, penyakit ini adalah penyakit ganas pada sel darah. Gejala pada leukemia antara lain pucat, lemah, anak rewel, nafsu makan menurun, demam, pembesaran hati , limpa, dan kelenjar getah bening, kejang penurunan kesadaran, pendarahan kulit dan pendarahan spontan tulang.

2. Retinoblastoma

Retinoblastoma merupakan tumor ganas primer pada mata yang sering dijumpai pada anak usia dibawah 5 tahun. Gejala yang ditimbulkan berupa manik mata berwarna putih, mata kucing, juling, kemerahan, pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata dan penglihatan buram.

3. Osteosarkoma atau kanker tulang

Osteosarkoma adalah keganasan yang timbul di tulang. Kanker ini ditandai dengan gejala nyeri tulang di malam hari atau setelah beraktivitas. Terjadinya pembekakan atau kemerahan dan hangat di area nyeri tulang, patah tulang , demam, lelah, dan penurunan berat badan.

4. Limfoma Maligna adalah keganasan primer jaringan getah bening yang bersifat padat.

Gejala yang diwaspadai antara lain pembekakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, pangkal paha, dan tanpa rasa nyeri, sesak napas, tersumbatnya saluran pencernaan, demam, keringat malam, lemah lesu, nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan.

5. Karsinoma Nasofaring adalah tumor ganas yang terjadi pada daerah hidung dan tenggorokan

Gejala ini diawali dengan adanya lendir ingus di hidung yang bercampur dengan darah, pilek dan air ludah kental, hidung tersumbat, mimisan, tuli sebelah, telinga hidung berdengung, nyeri telinga, rasa penuh di telinga.

6. Neuroblastoma

Kanker ini merupakan kanker dari sistem saraf simpatis yang berasal dari jaringan saraf. Gejala yang ditimbulkan antara lain pendarahan di sekitar mata dan mata menonjol, kemudian disertai nyeri pada tulang, perut terasa penuh, diare, kelopak satu mata sisi menurun, kontraksi pupil, mata kering, pembekakan di leher, lumpuh, gangguan fungsi kandung kemih dan usus.

Kepekaan orang tua serta perhatian terhadap kondisi tubuh anak sangatlah penting, untuk itu baik orang tua diharapkan dapat segera tahu mengenai gejala-gejala awal terjadinya kanker pada anak.

Apabila dicurigai terkena kanker, maka orang tua harus segera membawa anak ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan khusus mengenai kanker nya agar tidak terlambat mendapatkan penanganan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro