Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata Sikat Gigi di Waktu yang Tepat Bisa Bikin Panjang Umur Lho

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aging mempelajari bahwa menyikat gigi di malam hari sebelum tidur dikaitkan dengan panjang umur. Dilansir dari Times of India, selain menyikat gigi, kebiasaan seperti menggunakan benang gigi setiap hari dan mengunjungi dokter gigi juga membuat panjang umur.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  20:02 WIB
Ternyata Sikat Gigi di Waktu yang Tepat Bisa Bikin Panjang Umur Lho
Menyikat gigi. - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA — Menjaga mulut agar tetap bersih dan bebas dari bau mulut dapat dilakukan dengan menyikat gigi secara teratur.

Selain demi menjaga kebersihan mulut, ternyata menyikat gigi pada waktu tertentu bisa bikin panjang umur.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aging mempelajari bahwa menyikat gigi di malam hari sebelum tidur bisa membuat orang panjang umur. Dilansir dari Times of India, selain menyikat gigi, kebiasaan seperti menggunakan benang gigi setiap hari dan mengunjungi dokter gigi juga bikin panjang umur.

Tidak mengunjungi dokter gigi dalam 1 tahun terakhir meningkatkan risiko kematian sebesar 30-50%. Tidak pernah menyikat gigi di malam hari meningkatkan risiko kematian sebesar 20-35%. Tidak pernah flossing meningkatkan risiko kematian sebesar 30%.

Hubungan Umur dengan Jumlah Gigi

Dengan meningkatnya jumlah gigi yang hilang, angka kematian Anda juga meningkat. Para peneliti menemukan bahwa orang ompong memiliki risiko kematian 30% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki 20 gigi lebih.

Menjaga kesehatan gigi meningkatkan kelangsungan hidup pada orang dewasa yang lebih tua. Orang-orang dengan 20 gigi atau lebih pada usia 70 memiliki kesempatan lebih tinggi untuk hidup lebih lama daripada orang-orang yang memiliki kurang dari 20 gigi.

Terlepas dari umur panjang, indikator kesehatan mulut telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan umum seperti penyakit jantung, serangan jantung, stroke, diabetes, demensia, dan masalah selama kehamilan.

​Cara Menjaga Kesehatan Mulut

Untuk menjaga kesehatan mulut, para ahli merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Anda harus mengurangi makanan dan minuman manis, selain itu Anda direkomendasikan untuk berkumur setelah setiap makan.

Mengunjungi dokter gigi Anda secara teratur mampu mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit apa pun, ini juga membantu meningkatkan senyum Anda dengan percaya diri karena kesehatan mulut terjaga. Merawat gigi dengan baik tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan mulut Anda, tetapi juga akan berdampak positif bagi seluruh tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sikat gigi mulut
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top