Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Ini 5 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 28 Maret 2023 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat Bulan Ramadan umat muslim wajib menjalankan puasa sebagai salah satu rukun islam yang keempat. Akan tetapi, bagi ibu hamil dan menyusui tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa

Ibu yang sedang menyusui tidak diwajibkan untuk berpuasa karena memerlukan asupan gizi yang cukup untuk memproduksi ASI  bagi anaknya. Namun bagi Ibu yang ingin berpuasa umumnya diperbolehkan apabila usia bayi lebih dari 6 bulan atau telah mendapatkan Mpasi.

Pada saat puasa ibu tidak mendapatkan asupan makan dan minum selama 12 jam. Puasa saat menyusui dapat menurunkan sebagian kecil mineral dan vitamin dalam ASI seperti magnesium, zinc, dan kalium. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dengan nutrisi yang cukup sehingga tubuh dapat memproduksi ASI dengan kualitas terbaik. 

Berikut tips puasa bagi ibu menyusui:

1. Menjaga Pola Makan 

Pada saat berpuasa pola makan akan berubah-ubah yang menyebabkan Ibu menginginkan makanan yang cenderung kurang sehat seperti makan makanan pedas, mengkonsumsi gorengan, minum-minuman manis yang berlebihan yang menghasilkan kualitas ASI menjadi kurang baik. 

Untuk menjaga kualitas ASI agar tetap baik saat berpuasa, Ibu perlu untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat komplek serta serat seperti:

- Ikan, Ayam, Seafood (sebagai protein)

- Gandum, Nasi Merah, Kentang dan Oat (sebagai karbohidrat kompleks)

- Sayur hijau dan buah-buahan (sebagai serat).

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk menghindari dari dehidrasi akibat berpuasa selama 12 jam tubuh memerlukan cairan yang cukup saat sahur dan berbuka. Ibu dapat menggunakan metode 2-4-2 yaitu minum dua gelas saat berbuka, empat gelas selama periode makan malam dan menjelang tidur, dua lagi untuk sahur. 

3. Memilih Menu Buka Puasa Sehat 

Makanan yang baik bagi ibu menyusui adalah makanan yang mengandung kaya akan nutrisi untuk mengembalikan energi secara alami yang hilang. Salah satu makanan yang disarankan adalah buah kurma. Kurma menjadi makanan berbuka puasa yang sehat yang memiliki rasa manis yang dapat mengembalikan energi tubuh. Bagi ibu menyusui dapat mengkonsumsi kurma saat berbuka dengan porsi yang cukup. 

4. Istirahat yang Cukup 

Saat berpuasa tubuh memerlukan energi yang cukup, usahakan untuk membatasi aktivitas fisik secara berlebihan agar Ibu menyusui tidak mudah lelah saat berpuasa. Gunakan waktu luang untuk beristirahat dan mengurangi kegiatan diluar rumah saat puasa. 

5. Memompa ASI

Saat berpuasa Ibu menyusui perlu memperhatikan produksi ASI. Biasanya produksi ASI akan menurun menjelang waktu berbuka karena kadar cairan di dalamnya semakin berkurang. Hal itu untuk terhindar dari produksi ASI yang berkurang, Ibu bisa memompa ASI saat produksi ASI sedang meningkat agar kebutuhan anak tetap terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro