Beasiswa/ilustrasi
Relationship

Ini Daftar Negara dengan Sekolah dan Rumah Sakit Gratis

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 4 April 2023 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekolah merupakan hal penting bagi seluruh siswa. Untuk mendapatkan pendidikan di bangku sekolah, memerlukan biaya yang cukup mahal. Biaya pendidikan yang mahal membuat banyak siswa menjadi putus sekolah.  

Terhentinya pendidikan di bangku sekolah menjadi salah satu masalah. Pasalnya banyak mimpi yang diharapkan oleh siswa terhenti karena biaya pendidikan yang cukup mahal. Biaya hidup yang mahal menjadi salah satu faktor kegagalan dalam pendidikan. 

Biaya hidup yang tinggi tidak hanya menjadi masalah bagi pendidikan, tetapi juga berdampak bagi kesehatan. Biaya rumah sakit yang mahal membuat masyarakat tidak dapat berobat hingga banyak yang mengalami kematian. 

Namun, kini terdapat beberapa negara dengan biaya sekolah gratis dan biaya rumah sakit gratis untuk menunjang kesejahteraan masyarakat di negara tersebut.

Berikut negara dengan biaya sekolah gratis:

1. Jerman 

Jerman menjadi salah satu negara yang menyediakan pendidikan dengan biaya rendah atau tanpa biaya. Pemerintah Jerman telah mengadakan program pendidikan gratis mulai dari mahasiswa S1, S2 dan S3. Mahasiswa hanya harus membayar iuran menunjang kegiatan mahasiswa seperti event yang diselenggarakan oleh pihak Universitas. 

Beberapa kampus yang banyak dituju oleh mahasiswa adalah Humboldt University di Berlin dan Technical University di Munich serta beberapa Universitas ternama lainnya di jerman yang menjadi Universitas terbaik

2. Finlandia 

Finlandia memberikan layanan pendidikan gratis yang membebaskan biaya pendidikan untuk para mahasiswa. Negara ini juga menyediakan banyak program pendidikan berbahasa inggris agar memudahkan mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan di Negara ini. Namun, khusus mahasiswa Internasional, pihak pemerintah hanya menanggung biaya pendidikan tanpa biaya hidup sehari-hari. 

3. Prancis

Prancis menjadi salah satu negara yang menawarkan pendidikan gratis. Beberapa kampus masih mengenakan tarif biaya, namun terbilang cukup murah hanya Rp3.2 juta per tahun untuk tingkat sarjana. Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan gratis di Prancis harus dapat menggunakan bahasa Prancis untuk mempermudah pendidikan. 

4. Norwegia 

Norwegia memberikan layanan pendidikan gratis Universita. Sebagian besar Universitas yang berada di Norwegia tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Meski biaya pendidikan gratis Norwegia tidak menanggung biaya hidup bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan di Negara ini . 

5. Denmark 

Denmark juga menawarkan pendidikan tinggi gratis. Denmark memberikan program pendidikan gratis mulai jenjang S1 hingga S2 untuk mahasiswa yang berasal dari negara Uni Eropa. 

Bagi mahasiswa asing jangan khawatir tidak bisa kuliah gratis di Denmark karena beberapa kampus di Denmark menyediakan kuliah gratis bagi mahasiswa asing. 

Selain pendidikan gratis yang ditawarkan oleh negara-negara di atas, berikut terdapat beberapa yang juga menawarkan biaya rumah sakit gratis yaitu:

1.  Argentina 

Argentina menjadi salah satu negara yang menawarkan biaya kesehatan gratis. Semua warga negara dan penduduk Argentina ini bisa mendapatkan perawatan gratis di fasilitas umum. 

2. Australia

Sistem kesehatan di Australia memiliki model Asuransi Kesehatan Nasional. Sistem kesehatan ini menyediakan perawatan rumah sakit gratis untuk semua warga negara Australia, warga negara Selandia Baru dan penduduk tetap yang terdaftar dalam program ini. 

3. Bahrain

Negara ini menggunakan model Beveridge yang beralih ke model Asuransi Kesehatan Nasional. Warga negara akan menerima asuransi gratis sementara penduduk asing akan diminta membayar sebagian asuransi dari mereka. 

4. Bhutan 

Konstitusi negara mewajibkan perawatan kesehatan gratis untuk semua warga negaranya. Wisatawan yang berkunjung juga bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis di beberapa fasilitas dan terbatas. 

5. Brasil 

Setiap warga negara, penduduk atau pengunjung berhak menerima perawatan kesehatan gratis melalui sistem perawatan kesehatan Brasil yang didanai publik, Sistema Unico de Saude. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro