Toxic relationship
Relationship

Jaga Kesehatan Mental, Ini 14 Ciri-Ciri Hubungan Toxic

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 6 April 2023 - 22:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Toxic relationship atau hubungan beracun merupakan hubungan tidak sehat yang berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. 

Hubungan ini tidak hanya terjadi pada sepasang kekasih namun dapat juga terjadi dalam lingkungan keluarga, pertemanan dan pekerjaan. 

Hubungan toxic ini dilakukan oleh salah satu pihak untuk memanipulasi pasangan maupun mempermainkan pasangannya. Dalam kondisi ini perlu diwaspadai, karena dapat membuat salah satu pihak tertekan dan menurunkan harga diri sehingga mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, stress dan depresi serta gangguan emosional yang tidak stabil. 

Dilansir melalui healthline, Kamis (6/4/2023) untuk menghindari hubungan tersebut, Anda perlu mengetahui ciri-ciri toxic relationship yaitu:

1. Kurangnya Support dari Padangan 

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang didasari pada keinginan bersama. Pada pasangan yang toxic salah satu pihak tidak memberikan dukungan atau dorongan untuk mencapai suatu keinginan. Kondisi ini terjadi saat kebutuhan dan keinginan tidak dianggap penting oleh pasangan. Orang yang toxic hanya peduli dengan apa yang mereka inginkan. 

2. Komunikasi yang Tidak Sehat

Alih-alih dengan kebaikan, saling menghormati dan menggunakan kata-kata pujian kepada pasangan, sebagian besar komunikasi lebih banyak diwarnai dengan sarkasme, kritik, dan penghinaan.

Dalam hubungan sebaiknya menggunakan komunikasi terbuka untuk menghindari komunikasi yang tidak sehat seperti berteriak, mengintimidasi, dan melakukan kekerasan kepada pasangan. 

3. Cemburu atau Iri 

Cemburu atau iri kepada pasangan merupakan hal yang wajar dalam menjalin hubungan. Namun, hal tersebut tidak menjadi wajar jika sudah berlebihan yang mengarah pada kecurigaan terus-menerus dan ketidakpercayaan dalam hubungan yang dapat menyebabkan pertengkaran hebat hingga melukai fisik dan kesehatan mental

4. Mengontrol Perilaku 

Dalam hubungan ini salah satu pihak tidak dapat mengontrol perilakunya yang berlebihan kepada pasangan. Perilaku ini terjadi karena kecemburuan atau kurangnya kepercayaan kepada pasangan. Dalam perilaku ini perlu untuk mengontrol diri dan mengatur emosional terhadap pasangan agar terhindar dari hubungan yang toxic. 

5. Kebencian 

Menyimpan dendam atau kebencian menjadi salah satu hubungan toxic. Dendam dalam diri dapat menyebabkan keretakan hubungan dengan pasangan. Hancur nya suatu hubungan, akibat kecurigaan yang terus-menerus sehingga menimbulkan kebencian terhadap pasangan dn tidak mempercayai pasangannya. 

6. Tidak Jujur

Bohong secara terus menerus kepada pasangan merupakan salah satu hubungan toxic. Kurangnya keterbukaan terhadap pasangan dapat menjadi kebiasaan salah satu pihak untuk terus melakukannya. Kebohongan yang dilakukan secara berulang dapat mengakibatkan retaknya hubungan, dan tidak percaya terhadap pasangan. Hal tersebut dapat menyebabkan dampak pada kesehatan mental dan emosional seseorang.

7. Tidak Menghargai

Tidak menghargai pasangan menjadi salah satu ciri hubungan Anda toxic. Sikap tidak menghargai dan menghormati keinginan pasangan menjadi salah satu ciri hubungan toxic yang mengakibatkan keretakan dalam hubungan tersebut. Kondisi ini dapat merugikan salah satu pihak karena merasa keinginannya tidak dihargai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro