Toxic relationship
Relationship

Jaga Kesehatan Mental, Ini 14 Ciri-Ciri Hubungan Toxic

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 6 April 2023 - 22:57
Bagikan

8. Perilaku Keuangan Negatif 

Memiliki suatu hubungan terutama dalam berumah tangga, tentu perlu untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga. Mengatur keuangan dengan menghemat dan membeli apa saja yang diperlukan merupakan hal positif dalam hubungan. Namun, jika salah satu pasangan lebih memilih untuk membelanjakan secara sepihak tanpa memberitahu pasangannya merupakan hubungan toxic. 

Hubungan ini juga dapat disebut dengan keuangan negatif karena melakukan keinginan secara sepihak tanpa mencapai kesepakatan tentang keuangan dan tidak menghormati kesepakatan salah satu pasangan. Artinya perilaku tersebut sama dengan berbohong yang dapat menimbulkan dampak tidak baik dalam hubungan. 

9. Stres

Tantangan hidup biasanya muncul ketika anggota keluarga sakit, kehilangan pekerjaan yang dapat menimbulkan stress dalam hidup. Akan tetapi jika mengalami terus-menerus gelisah, bahkan ketika tidak dapat menghadapi stress, ini merupakan indikator utama bahwa terjadi sesuatu yang tidak baik dalam hubunganmu. Stres yang berkelanjutan juga dapat merusak kesehatan fisik, mental dan akan lebih sering merasa lelah, sedih dan cemas.  

10. Mengabaikan Kebutuhan Pasangan 

Mengikuti apapun yang menjadi keinginan pasangan, bahkan keinginan tersebut bertentangan dengan keinginan dan tingkat kenyamanan Anda merupakan salah satu ciri-ciri hubungan toxic. 

Hal ini menunjukan bahwa hubungan yang dijalani menyebabkan ketidaknyamanan dan keterpaksaan akibat keinginan pasangan yang tidak membuat nyaman. Akibatnya dapat mengakibatkan pertengkaran yang menyebabkan keretakan dalam hubungan. 

11. Mengalihkan Konflik

Mengalihkan konflik dengan pasangan atau menghindari masalah yang terjadi dalam hubungan merupakan hubungan toxic. Hubungan ini menyebabkan salah satu pihak tidak ingin menyelesaikan masalah dengan mengalihkan bersama teman atau keluarga.

Masalah yang terjadi harus menemukan titik terang untuk segera diselesaikan. Namun, apabila masalah tersebut dialihkan maka hubungan yang dijalani adalah hubungan beracun atau hubungan toxic. 

12. Tidak Mau Minta Maaf

Pasangan yang berbuat salah namun tidak meminta maaf merupakan salah satu hubungan toxic. pasangan akan terus menerus menyalahkanmu dan membuatmu terintimidasi. Walaupun orang tersebut bersalah, Dia akan menganggap kesalahan tersebut disebabkan oleh kesalahan pasangannya. Kesalahan tersebut akan terus diungkit terus menerus hingga membuat dirinya tidak merasa bersalah dan enggan minta maaf. 

13. Menghilang Tanpa Alasan 

Ghosting merupakan sifat menghilang tanpa alasan yang dilakukan pasangan yang memiliki sifat toxic, Pasangan akan terus memberikan janji-janji manis terhadap pasangannya namun tidak pernah menepatinya dan selalu menghilang. Hal tersebut merupakan ciri-ciri hubungan toxic yang perlu Anda hindari. 

14. Suka Merendahkan Pasangan 

Ciri-ciri hubungan toxic adalah merendahkan pasangan. Walaupun salah satu pihak sudah berusaha secara maksimal, akan tetapi pihak lainnya akan selalu memandang rendah. Hal tersebut merupakan hubungan toxic yang akan selalu berusaha menjatuhkan semangat dan kepercayaan diri orang lain dengan kata-kata negatif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro