Seekor bebek di pantai Lobos di tengah meningkatnya kasus infeksi flu burung di Lima, Peru 22 Februari 2023. REUTERS/Sebastian Castaneda
Health

WHO Ungkap Ungkap Kasus Kematian Pertama Flu Burung H3N8 di China

Kathleen Dewitri
Kamis, 13 April 2023 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa seorang wanita di China menjadi orang pertama yang meninggal dunia akibat dari flu burung.

Pada Selasa (11/4/2023), organisasi tersebut mengatakan bahwa wanita berusia 56 tahun dari provinsi selatan Guangdong merupakan orang ketiga yang dikabarkan terinfeksi subtipe flu burung H3N8.

Tiga kasus tersebut terjadi di China dengan dua kasus pertama yang dilaporkan pada tahun lalu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Guangdong melaporkan infeksi ketiga akhir bulan lalu, tetapi tidak memberikan kejelasan terkait kematian wanita tersebut.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (13/4/2023), infeksi sporadis pada penderita flu burung umum terjadi di China, di mana virus flu burung terus beredar di populasi unggas dan burung liar yang besar.

Berdasarkan pengumpulan sampel dari pasar yang dikunjungi wanita tersebut sebelum dia jatuh sakit, ternyata menunjukkan positif influenza A(H3), yang menunjukkan kemungkinan dari sumber infeksi, kata WHO.

Menurut WHO, belum ada kasus yang ditemukan di antara kontak dekat dari wanita yang terinfeksi karena penularannya sendiri berasal langsung dari unggas dan bukan antar manusia.

“Berdasarkan informasi yang ada, tampaknya virus ini tidak memiliki kemampuan untuk menyebar dengan mudah dari orang ke orang, sehingga risiko penyebarannya antar manusia di tingkat nasional, regional, dan internasional dinilai rendah,” ujarnya.

Hingga saat ini, pantauan terkait infeksi flu burung dianggap penting, mengingat kemungkinan mereka berkembang dan dapat mengakibatkan pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro