Hampers Kembang Desa. /Hampers Kembang Desa
Relationship

Ini 6 Ide Hampers Lebaran Idulfitri

Salma Permata Dewi
Kamis, 20 April 2023 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum Lebaran, biasanya masyarakat membagikan parsel atau hampers ke keluarga, tetangga, teman, atau koleganya. Memberikan bingkisan ini merupakan salah satu tradisi menjelang hari raya.

Awalnya, masyarakat mengenal dan memberikan bingkisan berupa parsel buah-buahan atau makanan ringan. Seiringnya waktu, masyarakat berinovasi sehingga bingkisan atau hampers lebaran menjadi bermacam-macam jenis dan isinya. Bingkisan diberikan bersama dengan ucapan dari pemberi ke penerima yang biasanya merupakan ucapan selamat hari raya.

Dilansir dari NU, hampers termasuk hadiah dan di dalam Islam dijelaskan dalam al-Mawsu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah memberikan hadiah memiliki makna untuk memuliakan dan mengasihi yang diberi. Islam sangat mengapresiasi dalam kebaikan tersebut dan mendorong, bukan mewajibkan, untuk membalas kebaikan, baik hadiah atau kebaikan lainnya) yang diberikan oleh orang lain. Ini disebutkan dalam riwayat hadist Rasulullah sebagai berikut.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْبَلُ الْهَدِيَّةَ وَيُثِيبُ عَلَيْهَا 


Artinya: “Dari ‘Aisyah RA, ia berkata: ‘Rasulullah Saw. itu memberi hadiah dan membalasnya (dengan yang sama atau lebih baik).’” (HR Al-Bukhārī). 

Simak rekomendasi hampers untuk lebaran Idulfitri di bawah ini:

1. Alat salat

Hampers berisi alat salat, seperti mukena, sarung, tasbih, dan sajadah adalah salah satu jenis yang bisa Anda pilih. Alat salat tidak hanya dipakai sekali saat lebaran, tetapi bisa dipakai terus menerus untuk beribadah. Saat ini, banyak yang menjual alat salat dengan warna senada sehingga membuat hampers lebih cantik dan menarik untuk diberikan ke orang lain.

2. Alat makan atau alat masak

Alat-alat ini juga sama seperti alat salat yang dapat dipakai terus menerus setelah Lebaran. Alat makan juga memiliki beragam pilihan, seperti terbuat dari keramik, alumunium, atau kayu. Tidak hanya itu, alat makan dan alat masak juga memiliki banyak bentuk dan motif yang menarik. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikan isi hampers sesuai selera. 

3. Pengharum ruangan

Sekarang, banyak jenis pengharum ruangan yang cocok dijadikan bingkisan. Anda dapat memilih memberikan pengharum ruangan jenis reed diffuser, lilin aroma, atau aroma diffuser. Banyak yang menjual pengharum ruangan dengan bentuk minimalis, elegan, mewah, dan lainnya sehingga cocok dijadikan hadiah.

4. Perawatan kulit dan tubuh

Skincare dan bodycare juga menjadi pilihan hadiah untuk hari raya Idulfitri. Sabun, sampo, lotion, tabir surya, dan lainnya dibutuhkan oleh tiap individu dalam kesehariannya. Namun, Anda perlu memperhatikan kecocokan kulit penerima dengan produk yang akan Anda berikan.

5. Bumbu dapur

Bumbu dapur cenderung jarang dijadikan hampers lebaran karena kemasannya yang kurang menarik. Namun, saat ini, bumbu dapur banyak dibuat dengan kemasan menarik, seperti dengan tempat kaca yang memberikan kesan rapi dan mewah. Bumbu dapur berguna karena dapat digunakan penerima untuk masak sehari-hari.

6. Makanan atau barang khas daerah

Carilah makanan atau barang khas daerah masing-masing untuk dijadikan hampers lebaran. Selain mudah didapat karena ada di sekitar, Anda juga dapat melestarikan sesuatu yang khas di daerah. Contohnya hampers kain tradisional, seperti batik, songket atau tenun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro