Ilustrasi perayaan Idulfitri 2023 untuk muslim Muhammadiyah. /Bisnis-Himawan L Nugraha
Fashion

Ragam Cara Selebriti Muslim Muhammadiyah Rayakan Idulfitri 2023

Afiffah Rahmah Nurdifa
Jumat, 21 April 2023 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah tokoh publik mulai merayakan Hari Raya Idulfitri 1444H/2023, khususnya bagi mereka yang termasuk muslim Muhammadiyah

Salah satu yang mulai menunjukkan kegiatannya di lebaran kali ini yaitu Tantri Syalindri. Sosok wanita yang dikenal sebagai vokalis Kotak Band itu punya cara sendiri ketika merayakan Lebaran. 

Namun, lebaran tahun ini menjadi momen yang berbeda bagi Tantri lantaran hilangnya sosok ayahanda, Dally Syambas yang wafat pada 29 Oktober 2022 lalu. 

Dia bercerita, kebiasannya ketika menjelang lebaran yaitu memasak sambal goreng kesukaan sang ayah. Meski telah pergi, masakan khas keluarganya itu masih tetap dibuat dengan porsi yang besar. 

Berdasarkan akun Instagram resmi @tantrisyalindri, Jumat (21/4/2023) dia memasak sambal goreng sebanyak 5kg untuk nantinya dibagikan ke mertuanya di Madiun. 

"Masak ini dari semalam, sambal goreng kesukaan papa. Kalo udah tau bakalan masak ini bisa bolak balik ke dapur ngecek udah matang apa belum, udah 2 tahun terkahir sebelum meninggal setiap lebaran gw masakin sambel goreng," tulis Tantri dalam stories di IG nya itu.

Kali ini, dia meminta resep terbaru dari adik ayahnya yang dipanggil 'Bi Lia' agar rasanya lebih otentik khas Cirebon, kampung halamannya. Sementara itu, dia menambahkan krecek daging untuk menyelaraskan dengan selera sang suami, Hatna Danarda atau Arda. 

"Sekarang papa gak ada jadi bisa dibawa ke Madiun buat Bapak mertua coba," ujarnya. 

Tantri menuturkan, selain sambal goreng yang kini akan terasa lama habis tanpa kehadiran ayahnya, momentum lebaran akan semakin berbeda karena prosesi sungkeman di rumah kini hanya bersama ibunda saja. 

"Fisik tak ada hanya tersisa kenangan. Dan akan seperti itu sampai kita meninggalkan nama, meninggalkan kenangan baik ternyata lebih manfaat saat kita sudah pulang ke pemilik. Semoga kelak kita bertemu lagi di tempat terindah yang Allah siapkan. Amin, Al-fatihah," tuturnya. 

Di sisi lain, seorang Dokter Seleb yang dikenal dengan panggilan Dr. Tirta atau Cipeng sejak pagi tadi telah membagikan momen lebaran, tepatnya ketika dia menuju ke tempat salat Ied. 

Pria dengan nama lengkap Tirta Mandira Hudhi itu, melalui akun Instagram @dr_tirta membagikan postingan foto dirinya memakai koko dan mengenakan sarung sambil membawa sajadah. 

Yang menarik, alih-alih menggunakan sandal jepit untuk ke salat di, dia lebih memilih mengenakan sneakers abu. Lewat akun Twitter pribadinya, dia meng-update keamanan sepatu setelah salat berlangsung. 

"Terpantau sepatu aman. Maaf lahir batin ya bosku semua," tulisnya. 

Lebaran ala Desy Ratnasari

Tak hanya itu, Desy Ratnasari, seorang publik figure yang kini aktif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI juga ikut merayakan lebaran lebih awal. Pasalnya, Desy merupakan salah satu anggota dari PP Muhammadiyah.

Aktris yang kini menjadi politikus itu melalui akun Instagram @desyratnasari, memanjatkan doa-doa kebaikan agar Allah SWT menerima seluruh amal ibadah dan mengampuni dosa-dosa umat-Nya. Dia juga berharap akan dipertemukan kembali dengan Ramadan tahun depan.

"Semoga Allah mudahkan kita menjadi orang-orang yang istiqamah dalam ketakwaan kepada Allah SWT, mencintai Rasulullah dan sunah-sunahnya, mampu memberi manfaat bagi orang lain dan Allah takdirkan kita diakhir hidup kita khusnul khatimah...Aamiin Allahumma Aaminn...Mohon maaf lahir dan batin saudara-saudaraku...Love U All..." ujarnya.

Seperti diketahui, muslim Muhammadiyah melaksanakan lebaran lebih dulu sebelum pemerintah dan NU.

Muhammadiyah resmi mengakhiri Ramadan 1444 H mereka pada Kamis, 20 April 2023 dan melaksanakan Idulfitri pada 21 April 2023.

Sementara pemerintah dan NU telah menetapkan jika berdasarkan sidang isbat, hari raya Idulfitri 1444 H akan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro