Indomie Rasa Ayam Spesial
Health

Ini Daftar Negara yang Blacklist Mi Instan Asal Indonesia, Bahaya Bagi Kesehatan

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 28 April 2023 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Kesehatan Taiwan pada (24/4/2023) telah mendeteksi zat karsinogenik pada dua merek mi instan dari Malaysia dan Indonesia. Pemerintah Taiwan menyatakan temuan dalam pemeriksaan acak terhadap 30 produk mie instan pada tahun 2023.

Dilansir Taiwan News, Jumat (28/4/2023), hasil dari pemeriksaan tersebut telah ditemukan bahwa produk Ah Lai White Curry Noodles dari Malaysia dan Indomie Rasa Ayam Spesial dari Indonesia mengandung kadar etilen oksida yang berlebihan. Adapun menurut National Cancer Institute menyatakan bahwa kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko limfoma dan leukemia, serta kanker perut dan payudara. 

Kemasan bubuk bumbu dalam produk Indonesia ditemukan mengandung 0,187 mg/kg etilen oksida, sedangkan pada produk mie asal Malaysia terdapat 0,065 mg/kg etilen oksida dan 0,084 mg/kg etilen oksida terdeteksi pada kemasan sausnya. Menanggapi adanya hal tersebut, Kementerian Kesehatan Taiwan memerintahkan agar produk mie instan yang tidak memenuhi syarat tersebut ditarik dari rak-rak toko.

Dilansir dari National Cancer Institute, etilen oksida adalah gas tak berwarna yang mudah terbakar dengan bau yang manis. Bahan ini digunakan terutama untuk memproduksi bahan kimia lain, termasuk antibeku. Etilen oksida dapat merusak DNA sehingga menjadikannya agen sterilisasi yang efektif, tetapi juga menyebabkan terjadinya kanker.

Melansir dari Singapore Food Agency (SFA), Centre for Food Safety (CFS), dan  Taiwan News, terdapat produk mie instan dari Indonesia yang di sempat di blacklist oleh negara lain. 

Simak daftar negara yang pernah menarik produk mie instan dari Indonesia:

1. Singapura

Dilansir dari Singapore Food Agency, SFA sempat menarik Mie Sedaap rasa soto dan mie instan rasa Kari pada tanggal 6 Oktober 2022. Setelahnya, pada tanggal 8 Oktober 2022, SFA kembali menarik varian Mie Sedaap Kari Spesial Mie Instan dalam kemasan cup dan Mie Sedaap Mie Instan Kari Ayam Pedas karena adanya kandungan etilen oksida.

2. Hong Kong

Centre for Food Safety (CFS) dari Departemen Kebersihan Makanan dan Lingkungan menyatakan bahwa sampel dari sejenis mie instan yang diimpor dari Indonesia mengandung pestisida, etilen oksida. Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong menarik Mie Sedaap Goreng Korean Spicy Chicken dari pasaran pada 27 September 2022. 

3. Taiwan

Food and Drug Administration (FDA) Taiwan pernah menyita lebih dari 4.000 kg mie instan yang berasal dari Indonesia, Filipina, dan Jepang pada 5 Juli 2022. Pengiriman terbesar yang ditolak dari negara-negara tersebut adalah 4.047,4 kg mie instan cup Mie Sedaap dari Indonesia karena mengandung kadar etilen oksida yang berlebihan. Adapun  lima jenis produk yang di blacklist, yaitu Korean Spicy Soup, Kuah Rasa Baso Spesial, Rasa Ayam Bawang Telur, Korean Spicy Chicken, dan Rasa Soto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro