Makanan Khas Riau/Pinterest
Kuliner

6 Makanan Khas Riau yang Enak, Kaya Akan Rempah-Rempahnya

Hana Fathina
Jumat, 28 April 2023 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Riau merupakan sebuah provinsi yang terkenal di pantai timur pulau Sumatera di Indonesia dan memiliki kuliner yang beragam dengan banyak hidangan unik yang terkenal di seluruh negeri. Kuliner khas Riau sudah pasti tidak bisa lepas dari pengaruh khas Melayu. Untuk itu, kamu harus mengetahui makanan khas Riau. 

Cita rasa kuliner khas Riau sangat dikenal dengan bumbu rempah-rempahnya yang kuat. Bumbu rempah ini bahkan sudah turun temurun mengikuti resep dari nenek moyang. Selain itu, yang terkenal adalah kuliner khas Riau adalah seafoodnya yang lezat. 

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Riau yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  1. Gulai ikan patin
    Makanan khas Riau yang satu ini juga tidak kalah menggoda untuk mencicipi di siang hari ataupun malam, selain sop tunjang. Kamu bisa menemukan makanan khas Riau ini mudah, karena hampir semua restoran di Riau menawarkan menu ini. makanan khas Riau ini menggunakan bahan dasar dari ikan patin yang diolah dengan bumbu gulai berwarna kuning. 
  2. Sop tunjang 
    Sop tunjang terbuat dari tunjang dan tulang muda bagian kaki sapi. Jadi jangan heran Ketika kamu mencicipinya, kamu akan mendapatkan rasa gurih kaldu yang khas. Seporsi sop tunjang dengan nasi tentunya akan mampu memulihkan tenaga setelah perjalanan Panjang. Dalam makanan khas riau ini, di bagian tulangnya masih terdapat sisa-sisa daging yang menempel. Bagian ini akan terendam dan direbus dengan campuran bumbu rempah khas. 
  3. Nasi lemak 
    Nasi lemak ini memang cukup terkenal di kalangan suku Malaysia, baik di Malaysia, Singapura dan Indonesia khususnya Riau. Tetapi, di setiap tempat memiliki versi nasi lemak masing-masing yang membuatnya berbeda. 
  4. Ikan baung asam pedas 
    Ikan ini diolah dengan menggunakan rempah-rempah khusus yang menambah cita rasa ikan baung menjadi sangat nikmat. Rasa asam yang digunakan dalam makanan ini menggunakan asam kandis yang biasanya digunakan untuk merendam ikan yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. 
  5. Roti jala 
    Roti jala ini terbuat dari olahan tepung terigu adalah roti jala. Roti ini sangat enak untuk disajikan sebagai cemilan. Pada awalnya roti jala ini hanya dihidangkan pada saat acara-acara pesta saja. Makanan khas riau ini biasanya dilengkapi dengan kuah dan beberapa kuah kari daging sapi maupun kari ayam dan kambing. 
  6. Ikan selais asap 
    Makanan ini biasanya dilakukan proses pengasapan terlebih dahulu, sehingga nantinya kamu bisa mencicipi dengan berbagai olahan ikan selais ini seperti dipindang ataupun digulai. Makanan khas riau ini memiliki cita rasa yang sangat khas, karena dalam proses pengasapan selama delapan jam lamanya sehingga tekstur nya sangat renyah Ketika disantap. Selain sudah diolah berbentuk makanan yang bisa langsung kamu santap. 


Itulah beberapa makanan khas Riau yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro