Raja Charles III/Forbes
Entertainment

7 Momen Penting di Penobatan Raja Charles, Salah Satunya Ada Pengurapan Suci

Jessica Gabriela Soehandoko
Sabtu, 6 Mei 2023 - 19:19
Bagikan

4. Musik 

Dalam upacara tersebut, diketahui akan menampilkan 12 karya baru yang ditugaskan atau dipilih oleh Charles. Hal tersebut termasuk lagu penobatan baru oleh impresario teater musikal Andrew Lloyd Webber.

“Zadok the Priest” diketahui menjadi musik yang paling menonjol, yang digubah oleh George Frideric Handel sebagai lagu penobatan untuk Raja George II pada tahun 1727. Lagu ini juga telah dinyanyikan setiap orang sejak saat itu. 

5. Penobatan Charles

Momen ini menjadi momen kunci dari upacara yang digelar pada Sabtu (6/5). Charles nanti akan duduk di kursi penobatan yang telah berusia lebih dari 700 tahun dan akan diberikan alat-alat kerajaan seperti bola dan tongkat yang dihiasi permata hingga pedang dan cincin.

Puncaknya sendiri yakni pada saat Mahkota Santo Edward yang berusia 360 tahun dengan berat 2,2kg akan diletakan di atas kepala Charles oleh Uskup Agung Canterbury. 

Mahkota itu sendiri juga merupakan pengganti asli yang berasal dari abad ke-11. 

6. Momen di Balkon Istana Buckingham

Setelah kembali ke Istana Buckingham, seperti pada perayaan-perayaan besar dari kerajaan, penampilan keluarga di balkon di Istana Buckingham sendiri menjadi momen yang ikonik. 

Nantinya dari momen ini diharapkan ada sebuah penerbangan oleh pesawat militer, termasuk tim akrobatik Red Arrows dari Angkatan Udara Kerajaan dan pesawat bersejarah dari Perang Dunia II. Namun hal ini tergantung dari cuaca. 

Tentunya di momen ini, semua mata akan tertuju pada keluarga kerajaan. 

7. Para Tamu

Diketahui bahwa akan Anda 2.300 tamu dalam Westminster Abbey. Jumlahnya masih lebih sedikit jika dibandingkan pada saat penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953 dengan 8.000 yang hadir. 

Para tamu tersebut berasal dari keluarga kerajaan Inggris, termasuk Pangeran Harry, bangsawan asing, pejabat, kepala negara, dengan ibu negara AS Jill Biden mewakili Amerika Serikat dan Wakil Presiden China Han Zheng hadir atas nama Beijing.

Sebagai catatan, Dubes RI untuk Inggris, Desra Percaya juga menghadiri upacara tersebut, mewakilkan Presiden Jokowi dan atas amanah dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. 

Meghan Markle dan kedua anaknya, Lilibet dan Archie juga dipastikan tidak akan hadir dalam upacara penobatan lantaran bertepatan dengan hari ulang tahun Archie ke 4 tahun. 

Tidak tahu pasti apakah hal tersebut menjadi alasan utama dirinya absen dalam acara tersebut, namun berdasarkan info dari salah satu teman Meghan kepada majalah People bahwa meskipun Meghan ingin mendukung Raja Charles, Meghan merasa memantau dari jauh sudah lebih cukup dari dukungan. 

Ketidakhadiran Meghan sendiri juga terjadi di tengah ketegangan yang berlangsung antara Harry, ayahnya, dan Pangeran William.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro