Ilustrasi ketakutan/Istimewa
Health

Be Mindful, Ini 10 Tips Mengatasi Ketakutan dan Menenangkan Diri

Sabina Arla Yogandini
Minggu, 21 Mei 2023 - 07:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat sesuatu yang diharapkan tidak terjadi sesuai keinginan, maka seseorang kerap kali merasa ketakutan. Ada juga yang diserang rasa takut dan muncul bayang-bayang akan kematian saat sesuatu yang buruk terjadi. 

Membayangkan hal yang belum terjadi, seperti berpikir tentang kematian maka akan membuat Anda stres, terutama apabila saat ini Anda tengah lajang, belum menemukan pasangan, atau belum memiliki anak. Oleh karena itu, Anda perlu membuang jauh-jauh pikiran negatif terkait ketakutan akan kematian.

Dilansir dari Bolde, berikut hal positif yang dapat menenangkan diri Anda dari rasa takut akan kematian:

1. Pernikahan bukanlah jaminan untuk tidak mati sendirian

Anda mungkin berpikir bahwa memiliki pasangan yang selalu berada di sampingmu, akan menciptakan perasaan aman dan nyamin. Namun, apakah dia akan tetap di sampingmu, saat Anda meninggal? Cobalah untuk  bersikap realistis. Pada kenyataannya pasangan dapat bercerai jauh sebelum ajal menjemput. 

2. Anda juga tidak bisa mengandalkan anak-anak

Memiliki anak bukan merupakan suatu jaminan bahwa nantinya Anda tidak akan mati sendirian. Anak akan tumbuh dewasa dan perlahan akan meninggalkan orang tua karena pilihan kehidupannya.

cara mindful
cara mindful

3. Anda tidak pernah benar-benar sendirian

Anda mungkin saja tidak memerlukan pasangan romantis untuk merasa tidak sendirian. Ada banyak orang orang yang dapat menjauhkan rasa kesepian seperti pertemanan, hubungan dengan anggota keluarga, dan hubungan baru lainnya yang Anda buat di sepanjang jalan. 

4. Sendiri juga bukan hal yang buruk

Menjadi lajang bukanlah hal yang buruk. Tidak ada salahnya untuk memilih opsi sendirian dalam menjalani hidup ini. Hal ini bukan berarti bahwa Anda akan mati sendirian, melainkan Anda hidup dengan banyak orang di sekitar Anda. Selain itu, Anda dapat memutuskan untuk menghadapi kematian dengan cara yang sama seperti Anda menghadapi kehidupan. 

tips hidup bahagia  sendiri
tips hidup bahagia sendiri

5. Semua orang meninggal sendirian

Fakta yang tidak dapat Anda pungkiri bahwa kematian itu datang kepada semua orang. Jika Anda menerima kenyataan itu, Anda akan lebih mudah untuk menjalani hidup dan mungkin Anda tidak akan khawatir menjadi lajang saat menghadapi kematian. 


6. Lebih penting untuk hidup bahagia

Terkadang kita terlalu fokus pada ketakutan akan mati sendirian daripada berpikir untuk hidup bahagia. Untuk itu, lebih baik Anda bahagia dan puas selama hidup daripada mengkhawatirkan waktu kematian Anda.

7. Kita tidak bisa mengendalikan kematian

Nantinya, semua orang  akan menghadapi kematian dan tidak ada yang bisa mengendalikan bagaimana atau kapan hal itu terjadi. Hal yang penting adalah Anda bisa mengendalikan bagaimana Anda memilih untuk hidup dan memastikan kebahagiaan diri Anda sendiri. Lebih baik hidup dengan cara yang membuat Anda bahagia daripada memikirkan cara terbaik untuk mati.

 

kebahagiaan
kebahagiaan

8. Belahan jiwa tidak harus menjadi sesuatu yang memberi makna pada hidup Anda

Selama Anda menjalani hidup yang penuh dengan makna dan kebahagiaan, Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik. Bahkan, Anda telah melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam hidup Anda dibandingkan jika Anda menyerahkan kebahagiaan Anda ke tangan orang lain.


9. Hal inilah yang membuat para wanita lajang merasa malu

Ada anggapan di luar sana bahwa kesendirian adalah hal yang buruk sehingga membuat Anda merasa bersalah akan hal itu.  Namun, ada banyak hal yang jauh lebih besar untuk ditakuti dalam hidup ini. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membuat diri Anda sakit dengan pemikiran bahwa Anda tidak akan pernah menemukan seseorang.


10. Apa yang harus Anda takuti?

Daripada takut mati sendirian, salah satu hal yang lebih penting untuk ditakuti adalah menemukan orang yang salah untuk menghabiskan masa-masa hidup Anda. Hidup yang penuh penderitaan jauh lebih buruk daripada mati sendirian.

apa yang membuat takut
apa yang membuat takut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro