Jari tangan./Istimewa
Health

Apakah Bahaya Membunyikan Jari Tangan?

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 23 Mei 2023 - 17:03
Bagikan

Binsis.com, JAKARTA - Banyak dari Anda yang mungkin sering membunyikan jari tangan  saat merasa gugup, stres, atau bahkan sudah menjadi kebiasaan Anda. Mungkin menurut Anda bunyi retakan adalah sensasi yang melegakan. Namun, ternyata kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan tangan Anda.

Dilansir dari laman Henry County Hospital, bunyi retakan terjadi ketika seorang meretakkan buku-buku jari disebabkan oleh adanya gelembung-gelembung yang meletup-letup di dalam cairan sinovial yang berfungsi melumasi persendian kita. 

Apabila Anda menarik tulang Anda, tekanan negatif akan menumpuk sehingga menyebabkan gelembung-gelembung ini pecah. Sendi Anda juga dapat mengeluarkan bunyi letupan karena pergerakan ligamen saat meregangkan atau menekuk sendi pada jari-jari Anda. 

Membunyikan jari sebenarnya tidak berpengaruh pada perkembangan radang sendi. Namun, terlalu sering melakukannya akan menyebabkan cedera pada tangan jika dilakukan dengan cara yang salah.

Pada buku-buku jari terdapat sendi metakarpofalangeal, tempat jari-jari Anda bertemu dengan bagian tangan lainnya. Meskipun sendi ini sangat stabil, tetapi kemungkinan  dislokasi sendi ini masih dapat terjadi ketika tekanan eksternal yang diberikan cukup besar, terutama pada jari telunjuk dan kelingking.

Ligamen adalah jaringan yang menghubungkan tulang-tulang Anda di bagian persendian. Keseleo dapat terjadi ketika ligamen meregang atau robek akibat terpelintir, terbentur, atau jenis trauma lainnya. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami keseleo pada jari Anda, mungkin Anda akan merasakan sensasi meletus atau robek.

Bagi Anda yang sudah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, mungkin akan terasa sulit untuk menghentikannya. Namun, terdapat tips yang dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan tersebut, dikutip Healthline: 

1. Pikirkan mengapa Anda membunyikan jari Anda dan atasi masalah yang mendasarinya

2. Menggunakan cara lain lain sebagai penghilang stres seperti bernapas dalam-dalam, olahraga, atau meditasi

3. Alihkan perhatian Anda dengan pereda stres lainnya, seperti memainkan pulpen atau hal lain yang membuat Anda tidak tergerak untuk meretakkan buku-buku jari

4. Sadari setiap kali Anda menggertakkan buku-buku jari Anda dan secara sadar hentikan tindakan tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro