Dokter di India Sukses Lakukan Transplantasi Tangan untuk Seorang Pelukis
Health

Pelukis di India Sukses Jalani Transplantasi Tangan dari Seorang Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 17 Maret 2024 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para dokter di Delhi, India, berhasil melakukan transplantasi tangan bilateral pertama di kota itu pada seorang pelukis berusia 45 tahun bernama Raj Kumar.

Kumah kehilangan kedua tangannya dalam kecelakaan kereta api yang mengerikan beberapa tahun lalu.

Sebuah tim yang terdiri dari 11 dokter melakukan prosedur terhadap Raj Kumar di Rumah Sakit Sir Ganga Ram di Delhi pada 19 Januari. Donornya diidentifikasi sebagai seorang perempuan bernama Meena Mehta, mantan kepala administrasi sekolah setempat yang dinyatakan mati otak.

Dilansir dari Indian Express, Dr. Swaroop Singh Gambhir mengatakan mereka terlebih dahulu mengamankan tulangnya sebelum menghubungkan otot, arteri, dan saraf tangan donor ke tangan penerima. Setelah operasi 12 jam dan enam minggu pemulihan, Kumar dipulangkan pada Rabu waktu setempat.

Rumah Sakit Sir Ganga Ram, dilaporkan sebagai rumah sakit pertama di India Utara yang menerima izin untuk melakukan transplantasi tangan pada Februari 2023.

Dr. Mahesh Mangal, ketua Departemen Bedah Plastik dan Kosmetik di rumah sakit tersebut, mengatakan kepada PTI bahwa Kumar perlu mengonsumsi obat imunosupresan, serupa dengan yang diberikan kepada pasien transplantasi hati dan ginjal, selama sisa hidupnya untuk mencegah tubuhnya dari menolak tangan barunya.

Selain itu, diperlukan waktu enam hingga tujuh bulan sebelum dia mulai merasakan sensasi di dalamnya. Ini berarti dia harus berhati-hati agar tidak menyentuh benda yang terlalu panas atau terlalu dingin, tambah Mangal.

Kumar pernah menjalani uji coba prostetik setelah kecelakaan itu. Namun, usahanya tidak berhasil dan membuatnya bergantung pada orang lain.

Kumar, yang merupakan warga Nangloi Delhi, kehilangan tangannya pada Oktober 2020 setelah tertabrak kereta api. “Saya pincang karena cedera kaki. Saya terpeleset di rel dan sepeda saya macet. Saya mencoba menarik sepeda saya dengan tangan saya ketika saya tertabrak,” katanya kepada Press Trust of India.

Kumar menemukan harapan ketika rumah sakit memberi tahu dia pada bulan Januari bahwa mereka menemukan dia cocok untuk transplantasi tangan bilateral. Mehta ternyata adalah donor banyak organ, dan orang lain menerima kornea mata, hati, dan salah satu ginjalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro