Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman
Travel

Perhatian! Candi Borobudur Ditutup Pukul 13.00 WIB untuk Ibadah Biksu Thudong

Newswire
Kamis, 1 Juni 2023 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Candi Borobudur akan ditutup untuk umum pukul 13.00 WIB pada hari ini, Kamis (1/6/2023).

Wisatawan yang hendak ke sana atau sudah di sana, tak boleh lagi berada di kawasan candi setelah pukul 12.00 WIB.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk sterilisasi dari petugas, karena akan dilakukan kegiatan ritual keagamaan para biksu thudong dari Thailand.

"Pada 1 Juni mulai pukul 13.00 WIB monumen Candi Borobudur ditutup bagi pengunjung, karena sejumlah biksu thudong akan melakukan puja bakti di candi," kata General Manager Unit Borobudur Jamal Mawardi, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (31/5).

Meskipun tak boleh naik ke candi, wisatawan tetap bisa berada di sekitar lingkungan Borobudur. Kawasan pelataran candi masih dibuka untuk umum.

"Jam 12.00 WIB itu posisi sudah berada di candi sehingga satu jam di candi hingga jam 13.00 WIB sudah steril dari pengunjang," ujar Jamal.

Jamal menuturkan, rombongan biksu thudong dijadwalkan akan melakukan ritual jalan dari Candi Pawon sekitar pukul 13.00 WIB dan diperkirakan sampai Candi Borobudur pukul 13.30 WIB.

"Penyambutan di sini (Borobudur) jam 13.30 WIB di gerbang Kalpataru. Kami buka gerbang Kalpataru sehingga nanti biksu langsung bisa naik ke Candi Borobudur," tuturnya.

"Ada penyambutan terhadap mereka tetapi bukan seremonial, sebagai respek kami kepada mereka nanti ada pembagian bunga sedap malam sebagai sarana puja mereka pada saat pradaksina di candi," tambahnya.

Ia menegaskan yang steril pengunjung hanya di bangunan candi, sedangkan pengunjung masih bisa menikmati dari pelataran candi, seperti jam reguler biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro