Ilustrasi menu makanan sehat. Dok. Freepik.
Health

Tips Atur Pola Makan Sehat, Saat Kulineran di Luar Rumah

Arlina Laras
Kamis, 15 Juni 2023 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini banyak orang menghadapi keterbatasan waktu untuk memasak makanan di rumah, lantaran aktivitas yang padat. 

Akibatnya, mereka sering memilih untuk makan di luar rumah karena dianggap lebih praktis dan efisien.

Meskipun makan di luar rumah dapat menghemat waktu dan memberikan kesempatan untuk bersosialisasi, ada kekhawatiran terkait dengan kualitas makanan yang disajikan di restoran. 

Menurut seorang Konsultan Gizi Meghana Pasi, sajian makanan di restoran kerap kali mengandung lemak, garam, gula, rempah-rempah, dan bahan tambahan lainnya. 

Bahkan, dirinya menyebut mengonsumsi makanan di luar rumah secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti obesitas, hipertensi, gangguan jantung, kanker, dan diabetes. 

"Namun, itu bukan berarti setiap orang sepenuhnya harus berhenti makan di luar rumah," jelasnya dikutip dari Times of India, Kamis (15/6/2023). 

Bagi Pasi, seseorang masih dapat menikmati makan di luar rumah selama kita berpikir secara bijak tentang pilihan makanan yang kita pesan.

Berikut adalah beberapa cara membuat pilihan makanan yang lebih sehat saat makan di luar:

1. Sertakan semua kelompok makanan

Saat memesan makanan, pastikan piring Anda mencakup semua kelompok makanan yang diperlukan. Misalnya, pastikan ada nasi, lauk protein seperti ayam atau ikan dan sayuran

2. Pilih daging tanpa lemak

Jika Anda ingin memesan hidangan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit. Hindari hidangan daging yang digoreng atau berlemak seperti ayam goreng.

3. Pilih olahan sayur yang sehat

Pilihlah sayuran yang dimasak dengan cara yang lebih sehat dengan menghindari sayuran yang digoreng atau dimasak dengan santan yang tinggi lemak.

4. Hindari minuman manis

Saat memesan minuman, pilihlah minuman sehat seperti jus buah segar, air kelapa, atau teh tanpa gula. Hindari minuman manis seperti minuman bersoda atau minuman manis seperti es campur.

5. Hindari makanan manis dan digoreng

Minumlah air putih yang cukup sepanjang hari untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Ini akan membantu mengurangi keinginan untuk makanan manis dan digoreng saat Anda makan di luar.

6. Makan camilan ringan sebelum pergi ke restoran

Sebelum pergi ke restoran, makanlah buah atau camilan ringan yang sehat di rumah seperti alpukat, pisang, atau kacang-kacangan. Ini akan membantu mengurangi nafsu makan berlebihan saat Anda melihat pilihan makanan di restoran.

7. Mulai dengan salad dan sup

Pesanlah salad sayuran segar atau sup sayuran sebagai hidangan pembuka. Ini akan memberikan serat dan nutrisi tambahan serta membantu memberikan rasa kenyang sebelum hidangan utama.

8. Periksa menu sebelumnya

Jika memungkinkan, periksalah menu restoran Indonesia secara online sebelum pergi. Lihatlah pilihan makanan yang lebih sehat seperti hidangan ikan bakar, tumis sayuran, atau sate ayam tanpa kulit. Ini membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik sebelum tiba di restoran.

9. Pesan lebih dulu

Cobalah untuk menjadi orang pertama dalam kelompok Anda yang memesan makanan. Ini membantu menghindari pengaruh dari pilihan makanan orang lain yang mungkin tidak sehat. Jika Anda memesan terakhir, Anda mungkin cenderung tergoda untuk mengikuti pilihan orang lain yang mungkin tidak sesuai dengan preferensi atau kebutuhan nutrisi Anda.

10. Kontrol porsi makanan

Jika porsi makanan yang disajikan terlalu besar, pertimbangkan untuk membagi hidangan dengan anggota kelompok. Hal ini membantu menghindari kecenderungan untuk menghabiskan semua makanan yang ada di piring, meskipun sudah merasa kenyang. 

“Jika ukuran porsi makanan di restoran terlalu besar, disarankan untuk membagi hidangan itu,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro