Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan Sehat yang Bisa Picu Hipertensi

Berikut makanan sehat yang harus dihindari untuk cegah tekanan darah tinggi atau hipertensi:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  18:24 WIB
Daftar Makanan Sehat yang Bisa Picu Hipertensi
Daftar Makanan Sehat yang Bisa Picu Hipertensi, salah satunya Sereal - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi di mana kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung dan stroke.
Diet Anda memainkan peran besar dalam mengelola tingkat tekanan darah Anda.

Diet sehat dapat mengurangi risiko masalah kesehatan, sementara makanan tertentu dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit serius. Salah satu makanan yang banyak dikonsumsi di pagi hari dan sebenarnya harus dihindari sama sekali, adalah sereal sarapan.

Berikut makanan sehat yang harus dihindari untuk cegah tekanan darah tinggi atau hipertensi:

1. Sereal sarapan

Sereal kemasan datang dengan tambahan gula dan tubuh Anda mungkin tidak menghargai pilihan ini untuk makan pagi Anda. Gula tambahan ini dalam pilihan sarapan favorit Anda dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Mereka juga tinggi kalori dan sering memberikan nilai gizi yang sangat sedikit atau tidak sama sekali. Hal ini juga dapat menyebabkan diabetes. Jadi hal terakhir yang Anda butuhkan untuk memulai hari Anda adalah sereal tinggi gula.

Menurut tinjauan penelitian tahun 2014 di American Journal of Clinical Nutrition yang mempertimbangkan lebih dari 11.000 penelitian, gula merupakan penyebab signifikan tekanan darah tinggi.

Bahkan sereal rendah gula dapat meningkatkan gula darah karena biasanya terutama terdiri dari karbohidrat olahan dan kebanyakan orang makan dua hingga empat kali ukuran porsi yang disarankan.

Menurut penelitian, makanan seperti sayuran berdaun hijau, beri, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian, ikan berlemak, buah jeruk, dan wortel dapat membantu Anda mempertahankan tingkat tekanan darah yang optimal. Jadi untuk sarapan yang sehat, Anda dapat memilih buah segar musiman daripada sereal. Buah-buahan dikemas dengan banyak vitamin esensial, mineral, serat dan karbohidrat dan juga akan menambah rasa manis alami untuk sarapan Anda. Telur membuat pilihan sarapan sederhana dan bergizi. Mereka adalah sumber protein yang sangat baik dan membantu Anda tetap merasa kenyang untuk waktu yang lama. Pilihan sehat lainnya adalah oatmeal. Oat adalah sumber zat besi, vitamin B, mangan, magnesium, dan seng yang baik.

2. Makanan manis lainnya yang harus dihindari

Selain sereal sarapan, ada beberapa makanan manis lainnya yang masuk ke menu sarapan kami. Beberapa sumber gula bebas teratas dalam makanan kita yang harus dihindari termasuk gula meja, selai dan manisan, makanan manis seperti permen dan coklat, jus buah, minuman ringan, biskuit, roti dan kue. Pilih makanan manis alami, bukan makanan olahan, olahan, dan kemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipertensi makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top