Praia da Ponta, Portugal/uol.com.br-Romain Morel
Travel

10 Negara dengan Biaya Kewarganegaraan Termurah, Ada Portugal asal Cristiano Ronaldo

Salma Permata Dewi
Senin, 19 Juni 2023 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli kewarganegaraan bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Saat ini, banyak warga asing yang memiliki kewarganegaraan keduanya.

Kewarganegaraan kedua bisa dibeli dengan cara berinvestasi. Dilansir dari Citizen Lane, memperoleh kewarganegaraan melalui investasi adalah proses hukum untuk memperoleh kewarganegaraan dengan menginvestasikan sejumlah dana tertentu dalam kategori investasi tertentu di negara tersebut.

Investasi dapat berupa investasi dana, properti, atau bisnis. Beberapa negara, seperti negara-negara Karibia, menawarkan program kewarganegaraan melalui investasi (CIP) melalui donasi ke dana investasi pemerintah mereka.

Dilansir dari Entrepreneur, investor asing yang memenuhi syarat dapat membeli paspor emas atau visa di lebih dari 30 negara di seluruh dunia.

Negara akan memberikan status kewarganegaraan atau kependudukan sebagai imbalan untuk berinvestasi dalam ekonomi lokal.

Jumlah investasi akan berbeda-beda tergantung tiap negaranya.

Berikut adalah 10 program kewarganegaraan termurah dengan persyaratan investasi.

1. Thailand (US$19.000 atau Rp285 juta)

Thailand memiliki program ‘Elite Visa’ yang dapat memberikan investor asing yang memenuhi syarat dengan ‘Privilege Entry Visa.

Visa emas ini berlaku hingga 20 tahun. Ada delapan pilihan program yang berbeda, mulai dari elite flexible one hingga "elite ultimate privilege. Anda bisa mendapatkan visa emas ini dengan melakukan pembayaran minimum sebesar US$19.000 atau Rp285 juta.

2. Panama (US$40.000 atau Rp600 juta)

Panama menawarkan dua jenis utama visa investor dengan persyaratan mulai dari US$40.000 atau Rp600 juta hingga US$750.000 atau Rp11 miliar. "Qualified Investor Program" adalah yang paling murah.

Investor asing dapat menyumbang US$40.000 untuk prakarsa reboisasi yang disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Sebagai alternatif, Anda dapat mendaftar melalui “Qualified Investor Program” untuk menerima status tempat tinggal permanen dengan imbalan investasi real estat sebesar US$300.000, investasi bursa saham sebesar US$500.000, atau deposito bank jangka tetap sebesar US$750.000.

3. Latvia (US$65.000 atau Rp983 juta)

Latvia memiliki opsi investasi real estat dalam program visa emasnya. Ada tiga jalur yang dapat dipilih oleh investor asing yang menginginkan izin tinggal di negara ini sebagai berikut.

- Investasi Rp819 juta ke modal ekuitas sebuah perusahaan Latvia, ditambah kontribusi Rp163 juta ke anggaran negara.
- Beli obligasi bebas bunga tujuan khusus senilai Rp4 miliar ditambah Rp622 juta untuk anggaran negara.
- Investasikan Rp4,5 miliar ke dalam modal subordinasi bank Latvia untuk jangka waktu lima tahun ditambah kontribusi Rp409 juta untuk anggaran negara.

4. Antigua dan Barbuda (US$100.000 atau Rp1,4 miliar)

Ada empat cara untuk memenuhi syarat kewarganegaraan Antigua dan Barbuda melalui program investasi, yakni sebagai berikut.
- Investasi yang paling murah adalah sumbangan sebesar Rp1,4 miliar ke Dana Pembangunan Nasional negara.
- Menyumbangkan Rp2,2 miliar ke Universitas Hindia Barat.
- Berinvestasi dalam real estat yang ditunjuk dan disetujui secara resmi senilai setidaknya Rp6 miliar yang dilengkapi dengan biaya pemrosesan Rp450 juta.
- Termahal dari program ini adalah menginvestasikan setidaknya Rp22,5 miliar ke dalam bisnis yang disetujui di pulau tersebut bersama dengan biaya Rp450 juta

5. Dominika (US$100.000 atau Rp1,4 miliar)

Ada dua cara untuk memenuhi syarat untuk kewarganegaraan kepulauan Karibia Dominika melalui program investasi. Pertama, investor bisa menyumbangkan Rp1,4 miliar ke Dana Pembangunan Ekonomi pulau itu. Lalu kedua, investor membeli real estat senilai Rp3 miliar dalam pengembangan yang disetujui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro