Cara mengatasi hidung tersumbat/Freepik
Health

8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Hana Fathina
Selasa, 27 Juni 2023 - 13:27
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari sinus, pilek, alergi dan sebagainya. Hidung tersumbat adalah situasi yang sangat mengganggu sehingga kamu perlu mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Hidung tersumbat terjadi Ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung bengkak akibat infeksi dan peradangan. Hal ini membuat proses pernapasan terganggu disertai dengan keluarnya cairan yang berlebihan, bahkan bisa menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan. 

Penyebab Hidung Tersumbat

1. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi memiliki gejala seperti batuk dan pilek tetapi tidak menular. Kondisi ini dipicu oleh allergen, seperti serbuk sari, bulu hewan, debu, asap dan juga yang lainnya. 

2. Sinusitis

Sinusitis biasanya ditandai dengan peradangan dan pembengkakan pada jalur hidung, sehingga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat. Secara umum, sinusitis dipicu oleh batuk dan disertai sakit di sekitar wajah atau pusing kepala. Biasanya hal ini membaik kurang dari 10 hari. 

3. Rhinitis Non-Alergi

Kondisi ini merupakan kondisi yang menyebabkan bersin kronis maupun hidung tersumbat. Gejalanya hampir sama dengan rhinitis alergi, tetapi juga tidak ada kaitannya dengan reaksi eror sistem imun tubuh. Kondisi ini dipicu oleh makanan atau minuman tertentu, polutan, beberapa pengobatan, perubahan cuaca sehingga mengakibatkan rhinitis non-alergi. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Menjaga suhu agar tetap hangat

Cara ini bisa dilakukan dengan berjemur di bawah matahari saat pagi. Coba untuk duduk di luar rumah di rentang waktu 7-9 pagi. Selain mengatasi hidung tersumbat, berjemur di bawah matahari bisa memberikan banyak manfaat bagi Kesehatan. 

2. Mengonsumsi minuman hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman hangat, seperti teh jahe hangat. Cara ini cukup efektif dalam meringankan hidung tersumbat. Selain itu, mengonsumsi minuman hangat akan membantu melegakan tenggorokan. 

3. Menggunakan Humidifier di ruangan

Memasang humidifier menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif, terlebih lagi jika kamu dalam ruangan yang ber AC.  Dengan menggunakan humidifier, kelembapan udara akan tetap terjaga, selain itu penyebaran debu juga akan berkurang sehingga saluran napas lebih terbuka. 

4. Menggunakan minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu cara untuk meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan efektif. Oleskan minyak eucalyptus pada bagian tubuh yang meliputi area leher, dada dan hidung. Aroma yang dihasilkan oleh minyak iniakan membantu menghangatkan hudung sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lancar. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

5. Menambahkan tumpukkan bantal

Hidung tersumbat biasanya akan semakin parah di malam hari, karena posisi tidur bisa menyulitkan hidung dan sinus mongering dari lender yang menyumbatnya. Hal ini berarti lender bisa menggenang di bagian kepala dan membuat kamu sulit bernapas, sehingga menimbulkan sakit kepala sinus keesokan harinya. 

6. Mandi air hangat

Mandi air hangat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Uap hangat membantu mengencerkan lendir, sehingga bisa keluar dengan lebih mudah. 

7. Mengatur posisi tidur

Cobalah untuk tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi untuk mencegah cairan lendir yang menumpuk di hidung, yang bisa memperparah sumbatan. Tidur dalam posisi duduk atau setengah duduk juga bisa dicoba sebagai variasi. 

8. Menggunakan mesin diffuser

Menggunakan mesin diffuser dengan minyak esensial seperti tea tree oil dan minyak peppermint, diketahui bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Tea tree oil memiliki kandungan anti radang dan antimikroba yang bisa membantu mengatasi penyumbatan pada hidung. 

Obat Hidung Tersumbat

1. Dekongestan

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi penyumbatan di hidung akibat pembengkakan dan memudahkan lendir untuk keluar. Dekongestan umumnya dijual bebas dan tersedia dalam bentuk obat minum atau obat semprot hidung. 

2. Obat Pereda nyeri

Meskipun tidak langsung menghilangkan hidung tersumbat, obat Pereda nyeri bisa meredakan rasa sakit di area wajah Ketika hidung tersumbat. Pilihan obat yang termasuk dalam Pereda nyeri adalah paracetamol dan ibuprofen. 

3. Antihistamin

Jika hidung kamu tersumbat karena alergi, pilihan obat hidung tersumbat yang sebaiknya kamu pilih adalah antihistamin. Obat ini bisa menghentikan zat histamin yang diproduksi dalam tubuh Ketika muncul alergi. 

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro