Entevirus/
Health

Puluhan Bayi di Eropa Terinfeksi Virus Langka, Simak Gejalanya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 9 Juli 2023 - 13:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Badan Kesehatan Dunia WHO mengonfirmasi setidaknya 26 bayi di Kroasia, Prancis, Italia, Spanyol, Swedia, dan Inggris terinfeksi jenis enterovirus langka, yang disebut echovirus-11.

Delapan dari bayi tersebut meninggal, dengan sebagian besar kematian dilaporkan di Prancis setelah kegagalan organ dan sepsis.

"Ini dianggap tidak biasa karena kerusakan yang sangat cepat dan tingkat kematian terkait kasus di antara bayi yang terkena dampak," ujar juru bicara WHO dilansir dari NBC.

26 kasus echovirus-11 itu diidentifikasi pada awal 2022, dimana setengah dari kasus baru itu dilaporkan sejak akhir musim semi 2023.

"Kebanyakan enterovirus menyebabkan penyakit yang sangat ringan pada anak-anak, tapi dalam proporsi kecil, kami melihat penyakit bencana yang jauh lebih signifikan," kata Dr. Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia.

Enterovirus dapat sangat memengaruhi bayi baru lahir, yang sistem kekebalannya belum cukup matang untuk melawan infeksi. 

Echovirus dapat disebarkan melalui kotoran atau dengan menghirup tetesan pernapasan, dan biasanya hidup di sistem pencernaan.

Pejabat kesehatan di Inggris sebelumnya melaporkan peningkatan serupa yang tidak biasa pada miokarditis parah, atau radang jantung, di antara 10 bayi yang memiliki enterovirus lain yang disebut coxsackievirus. Setidaknya satu meninggal.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC mengungkapkan, lebih dari 100 jenis enterovirus dapat menginfeksi manusia.

Para dokter melihat sedikit peningkatan kasus enterovirus, terutama di kalangan anak-anak. Sebagian besar mengalami demam ringan, batuk, bersin, atau sakit tenggorokan, dan sembuh tanpa banyak keributan.

Meskipun enterovirus umum terjadi, kasus sepsis enteroviral neonatal secara historis jarang terjadi. Tetapi karena pandemi membuang semua aktivitas virus, kekhawatirannya adalah mungkin ada lonjakan enterovirus yang lebih besar musim panas ini.

Berikut beberapa gejala paparan enterovirus

  • Demam.
  • Tidak makan dengan baik.
  • Kesulitan bernapas.
  • Menjadi ekstra rewel atau dingin saat disentuh.
  • Kulit pucat atau berjerawat.
  • Beberapa mungkin mengalami komplikasi parah: meningitis, kegagalan organ, miokarditis, bahkan masalah di dalam sumsum tulang mereka.
  • Beberapa sistem kecil bayi menjadi "sangat meradang" sampai pada titik di mana banyak kerusakan yang dilakukan oleh respons kekebalan mereka seperti oleh virus itu sendiri.

Pengujian dan pengobatan untuk enterovirus

Perawatan enterovirus terbatas. Bayi mendapatkan perawatan suportif, seperti cairan infus atau bantuan pernapasan dan tekanan darah.

Banyak dokter juga memberi bayi imunoglobulin intravena. Itu pada dasarnya adalah kumpulan antibodi yang dimaksudkan untuk mengikat virus apa pun yang menyebabkan penyakit. Idealnya, antibodi tersebut bekerja untuk menenangkan peradangan dan membantu mencegah virus terus menyebar di dalam tubuh.

Tidak ada obat antivirus yang disetujui untuk pengobatan penyakit ini.

Kimberlin, dari University of Alabama di Birmingham, dan Dr. Mark Abzug, seorang dokter penyakit menular anak di Rumah Sakit Anak Colorado di Denver, meluncurkan penelitian pada tahun 2020 untuk menganalisis sampel jaringan dari bayi dengan sepsis enteroviral neonatal.

“Satu hal yang kami lihat secara khusus adalah untuk melihat apakah ada laboratorium virus atau penanda klinis yang berkorelasi baik dengan morbiditas dan mortalitas,” kata Abzug.

Mungkin ternyata, misalnya, jumlah virus yang beredar di aliran darah bayi mungkin merupakan tanda bahwa mereka berisiko terkena penyakit yang lebih parah.

Itu hanya teori untuk saat ini. Tim pada akhirnya akan mengurutkan beberapa jenis sampel virus – ada lebih dari 110 – untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana masing-masing mempengaruhi sistem kekebalan bayi baru lahir yang belum matang. Studi ini mendapat dana dari National Institutes of Health.

Enterovirus "kurang dikenal sebagai pemain utama dalam dunia penyakit menular, sebagian karena mereka selalu endemik.

Tapi mereka juga "salah satu penyebab paling umum meningitis, infeksi otak, infeksi jantung, dan sepsis neonatal pada bayi muda kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro