Kondisi jalan di Islandia/therichest
Travel

Ini 10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Mutiara Nabila
Senin, 10 Juli 2023 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Global Peace Index (GPI) baru saja merilis laporan tahunan negara-negara yang paling damai di dunia di antara 163 negara yang ada. Indonesia ada di urutan berapa, ya? 

Indeks GPI meliputi 163 negara yyang ada di dunia, terdiri atas 99,7 persen populasi dunia dan diukur menggunakan 23 indikator baik kualitatif dan kuantitatif. 

Adapun, tiga poin utama yang dijadikan tolok ukur adalah keselamatan dan keamanan masyarakatnya, konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan militerisasinya. 

Berdasarkan data GPI, rata-rata tingkat kedamaian global terus menurun, tahun ini turun sampai 0,42 persen. Penurunan tahun ini tercatat menjadi penurunan perdamaian ke-13 yang terjadi selama lima belas tahun terakhi, dengan 84 negara membaik dan 79 negara memburuk. 

Pada 2023, GIP mencatat Islandia menempati posisi nomor wahid sebagai negara yang paling damai di dunia. Posisi tersebut juga sudah dipertahankan sejak 2008. 

Menyusul Islandia, ada Denmark di posisi ke dua, diikuti oleh Irlandia, Selandia Baru, dan Austria. 

Di sisi lain, Afganistan menjadi negara paling tidak damai di dunia dan predikat tersebut sudah bertahan selama delapan tahun berturut-turut. negara paling tidak damai di dunia selanjutnya ada Yaman, Suriah, Sudan Selatan, dan Republik Demokrat Kongo.

Lalu di mana posisi Indonesia? 

Berdasarkan data GPI 2023, Indonesia menempati posisi 53 dari 163 negara dengan skor 1,82 dari 5. Indikator 1-5 digunakan untuk menunjukkan skala kedamaian suatu negara, smakin rendah skornya, semakin damai negara tersebut. 

Sejumlah rapor merah yang dicatatkan Indonesia antara lain adalah kasus pembunuhan yang meningkat, tingginya konflik internal, ketidakstabilan politik, gangguan dari personil bersenjata, orang terlantar, dan kurangnya keamanan secara umum. 

Adapun, beberapa yang mendapat skor tinggi dan mempengaruhi perdamaian di antaranya karena tingginya kekerasan saat demostrasi, teror politik, impor senjata, dan adanya aktivitas teroris.

Sementara itu, negara-negara lainnya di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Laos menempati posisi 6, 19, 92, 115, 41, dan 46. 

Berikut 10 negara paling damai di dunia menurut data Global Peace Index (GPI):

1. Islandia

2. Denmark

3. Irlandia

4. Selandia Baru

5. Austria

6. Singapura

7. Portugal

8. Slovenia

9. Jepang

10. Swiss.

Laporan GPI juga menyebutkan, bahwa dalam 15 tahun terakhir, dunia terus mengalami penurunan perdamaian dengan skor rata-rata seluruh negara turun sekitar 5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro