Markisa/Live Eat Learn
Health

4 Efek Samping Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

Novita Sari Simamora
Rabu, 12 Juli 2023 - 19:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Markisa memiliki manfaat yang baik bagi diabetes, tetapi berdampak pada gangguan saluran pencernaan dan kesehatan ginjal, karena adanya kandungan potasium.

Dilansir dari Pink Villa, Rabu (12/7/2023), buah markisa memiliki kandungan vitamin A dan C, potasium, dan serat makanan yang nutrisinya berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Namun, buah ini kurang baik bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat gangguan ginjal.

Simak 4 Efek Samping Markisa:

1. Dapat menyebabkan reaksi alergi

Meski jarang, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap buah markisa. Reaksi alergi dapat berkisar dari gejala ringan seperti gatal, ruam, atau gatal-gatal hingga reaksi yang lebih parah seperti kesulitan bernapas atau anafilaksis.

Jika Anda telah mengetahui alergi terhadap buah lain atau mencurigai adanya alergi terhadap buah markisa, disarankan untuk tidak mengonsumsinya atau mencari saran medis sebelum memakannya.

2. Menimbulkan masalah pencernaan

Buah markisa mengandung serat makanan, yang dapat membantu pencernaan bagi banyak orang. Namun, mengonsumsi makanan kaya serat dalam jumlah berlebihan, termasuk buah markisa, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan seperti kembung dan gas.

Sebagian orang lainnya, ada juga yang mengalami diare saat mengonsumsi buah markisa, khususnya pada individu dengan sistem pencernaan yang sensitif. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa secukupnya dan dengarkan respon tubuh Anda.


3. Dapat berinteraksi dengan obat-obatan

Jika Anda mengonsumsi obat apa pun, terutama yang dimetabolisme di hati, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Buah markisa mengandung senyawa tertentu yang dapat berinteraksi dengan obat tertentu, berpotensi memengaruhi keefektifannya atau meningkatkan risiko efek samping.


4. Memiliki asupan kalium yang tinggi

Buah markisa merupakan sumber potasium yang baik, yang umumnya bermanfaat bagi kesehatan. Namun, orang dengan masalah ginjal atau mereka yang menjalani diet pembatasan potasium mungkin perlu memantau asupan makanan kaya potasium, termasuk buah markisa. Dalam kasus seperti itu, asupan kalium yang berlebihan bisa berbahaya.

Namun, bagi Anda yang belum pernah mencoba buah markisa, maka bisa menambahkannya ke salad buah, smoothies, yogurt, dessert, atau dijadikan topping kue dan es krim. Ini juga cocok dipadukan dengan hidangan gurih, seperti makanan laut atau salad, menambahkan sentuhan tropis yang unik.

Bereksperimenlah dengan berbagai cara-cara unik dengan memasukkan markisa ke dalam resep favorit Anda untuk menikmati rasanya yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro