Ilustrasi percaya diri
Health

Kiat Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Maretha Uli Hutagalung
Sabtu, 29 Juli 2023 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam pekerjaan, Anda mungkin pernah merasa gugup sebelum presentasi atau merasa tidak pantas bertemu atasan.

Anda mungkin juga pernah merasa ragu atas keputusan Anda dan tidak ingin tampil di depan publik.

Saat Anda merasa kurang percaya diri, perasaan itu akan mempengaruhi performa harian Anda. Selain itu, kurang rasa percaya diri juga akan mendatangkan emosi sedih. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga rasa percaya diri.

Untuk melatih diri Anda agar selalu percaya diri, Anda bisa melatih sendiri atau berkonsultasi dengan profesional. Hal utama yang harus dikuasai adalah emosi Anda dan bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri.

Sebelum berkonsultasi, ada baiknya Anda mencoba sendiri cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadikan rutinitas harian dan lakukan setiap kali Anda merasa gugup atau khawatir akan kemampuan Anda.

Dilansir dari Psychology Today dan Forbes, inilah cara meningkatkan rasa percaya diri:

1. Mencoba Perlahan

Mendapatkan kembali rasa percaya diri bukan pekerjaan instan. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bisa mengalahkan rasa tidak percaya diri dalam waktu singkat.

Mulai dari hal kecil. Misal jika Anda takut tidak bisa presentasi dengan benar, mulailah berlatih di depan cermin, lalu di depan orang terdekat Anda.

2. Ingat Kembali Motivasi

Sering kali, orang merasa tidak percaya diri dan enggan melanjutkan apa yang mereka kerjakan karena tidak merasa termotivasi. Untuk ini, Anda perlu merefleksikan diri Anda kembali.

Ingat apa alasan Anda mengambil langkah ini, apa yang membuat Anda mengambil suatu keputusan. Misalnya motivasi membanggakan orang tua saat mengikuti suatu lomba. Dengan mengingat motivasi ini, Anda akan bersemangat kembali untuk mencapainya.

3. Ingat Keberhasilan Anda Sebelumnya

Jika rasa tidak percaya dari Anda muncul kekhawatiran akan gagal, Anda bisa melakukan hal ini. Rasa percaya diri bisa muncul saat Anda tahu bahwa Anda memang berbakat dan bisa menyelesaikan suatu hal dengan baik.

Ingat pencapaian Anda dulu dan bagaimana usaha Anda saat itu. Di masa lalu, Anda sudah pernah melaluinya, maka sekarang ini pun semua akan baik-baik saja.

4. Abaikan Pandangan Negatif Orang Lain

Lingkungan juga berpengaruh dalam membentuk rasa percaya diri. Celaan dari orang lain bisa membuat Anda meragukan diri sendiri. Sebaiknya, hindari lingkungan negatif yang tidak mendorong Anda untuk maju.

Bertemanlah dengan orang-orang positif. Dukungan mereka bisa membantu Anda merasa lebih baik dan lebih percaya diri.

5. Lakukan Apa yang Anda Suka

Di saat perasaan rendah diri sering mendatangi Anda, cobalah untuk mencari distraksi dari kegiatan lain. Lakukan apa yang Anda suka, hobi, atau liburan.

Kegiatan yang Anda suka bisa membuat Anda bersemangat dan mendapatkan banyak energi positif. Dengan begitu, Anda akan merasa bahagia, percaya diri, dan bisa melewati tantangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro