Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciri-ciri Anda Perempuan Kurang Percaya Diri

Berikut tanda-tanda jika Anda adlaah perempuan kurang percaya diri seperti dilansir dari Bolde
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  20:19 WIB
Ciri-ciri Anda Perempuan Kurang Percaya Diri
Ilustrasi - Idiva
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan bisa memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah di lingkungan sosial dan pekerjaannya.

Padahal, hal ini, bisa membuat Anda sulit maju dan beradaptasi dengan lingkungan yang pada akhirnya bisa berdampak buruk pada kehidupan Anda.

Tapi, mungkin Anda tidak sadar bahwa Anda sebenarnya adalah perempuan yang kurang percaya diri.

Berikut tanda-tanda jika Anda adlaah perempuan kurang percaya diri seperti dilansir dari Bolde:

1. Selalu berusaha menyenangkan orang lain

Wanita dengan harga diri rendah cenderung menjadi orang yang menyenangkan. Mereka memiliki keinginan untuk menyenangkan orang lain karena mereka percaya itulah satu-satunya cara mereka dapat memenangkan penerimaan dan validasi. Dengan kata lain, mereka tidak merasa cukup baik untuk membuktikan diri. Secara umum, orang yang memiliki harga diri rendah juga cenderung menghindari konflik karena alasan yang sama. 

2. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Anda mungkin merasa kurang dalam beberapa hal, jadi Anda secara alami membandingkan diri Anda dengan orang lain untuk mengukur kemajuan Anda sendiri. Sayangnya, ini cenderung memperburuk masalah harga diri, karena Anda cenderung membandingkan kenyataan Anda dengan sorotan orang lain yang diedit.

3. Sulit memberi batasan

Apakah Anda kesulitan menetapkan batasan? Ini adalah tanda lain dari harga diri yang rendah. Sekali lagi, wanita dengan masalah harga diri tidak selalu memiliki kepercayaan diri untuk menegaskan diri mereka sendiri dan membuat kebutuhan dan keinginan mereka diketahui. Mereka merasa dengan memaksakan diri, mereka membebani orang lain.

4. Berbicara negatif tentang diri sendiri

Pembicaraan diri yang negatif adalah salah satu tanda klasik seorang wanita dengan harga diri rendah, seperti halnya "menjadi sangat kritis" terhadap diri sendiri dan mengabaikan kualitas positif Anda. Sementara banyak orang menggunakan penghinaan diri sebagai bentuk humor, mereka yang memiliki harga diri rendah sebenarnya percaya hal-hal jahat yang mereka katakan tentang diri mereka sendiri. Mereka berpikir dan mengatakan hal-hal tentang diri mereka sendiri yang tidak akan pernah mereka katakan kepada orang lain.

5. Terlalu sensitif pada kritik

Dengan cara yang sama, orang dengan harga diri rendah cenderung terlalu sensitif terhadap kritik. Karena pandangan mereka tentang nilai mereka sendiri sudah rapuh, tidak perlu banyak hal untuk benar-benar menghancurkannya. Sebagai perbandingan, ketika orang memiliki kepercayaan diri, mereka cenderung menerima kritik dan umpan balik yang membangun dengan lebih mudah.

6. Mengintimidasi orang lain

Terkadang, harga diri yang rendah dapat bermanifestasi menjadi intimidasi dan perilaku bermasalah lainnya. Orang yang merendahkan orang lain sering mengalami masalah harga diri. Menyeret orang lain ke bawah adalah satu-satunya cara mereka bisa merasa baik tentang diri mereka sendiri, karena mereka kurang percaya diri untuk mengangkat diri mereka sendiri.

7. Tidak suka dipuji

Ketika seseorang memiliki harga diri yang rendah, mereka jarang ingin mengambil pujian atas prestasi mereka. Apakah Anda membenci pujian dan mengabaikannya saat orang memberikannya kepada Anda?  Ini adalah tanda-tanda harga diri rendah. Demikian pula, orang dengan masalah harga diri cenderung menyalahkan hal-hal yang bukan kesalahan mereka.

8. Gagal membangun hubungan yang sehat

Salah satu tanda terbesar dari seorang wanita dengan harga diri rendah adalah kegagalan untuk menjaga hubungan yang sehat. Ini biasanya karena dia yakin dia tidak layak untuk pasangan yang layak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

percaya diri perempuan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top